10 Cara Agar Kuat Berpuasa Selama bulan Ramadan


#1

Puasa merupakan hal yang wajib bagi umat Muslim. Dimana kita diharuskan untuk menahan hawa nafsu, tidak melakukan kegiatan makan dan minum atau hal lainnya yang membatalkan puasa. Tidak mudah memang untuk menjalankan ibadah puasa, namun jika dijalankan dengan hati yang ikhlas dan rasa semangat menjalankannya maka tidak jadi masalah bagi kita untuk menjalaninya.

Walaupun begitu mungkin kalian sering juga sering merasakan lapar dan haus yang sangat ketika berpuasa. Mungkin ada hal-hal yang seharusnya anda tidak lakukan ketika berpuasa. Oleh karena itu simaklah tips berikut ini agar kalian dapat bertahan lebih lama dari shubuh sampai maghrib untuk menjalankan ibadah puasa

1. Jangan Konsumsi Mie Instan

Tahu gak guys kalau mie instan itu ternyata cepet menyerap air apalagi air yang panas. Ini dikarenakan kerena kandungan mie instan terkandung banyak bahan-bahan yang dapat menyerap air seperti bahan natrium, MSG, dan juga lemak jenuh yang membuat kita jadi cepat haus setelah mengkonsumsinya.

Selain itu mie instant juga tidak efektik untuk memberi tenaga seharian dimana kalian bisa cepat lelah. Dan jika kalian sangat terpaksa karena tidak punya bahan makanan lain maka boleh-boleh saja mengkonsumsi mie instant tapi jangan keterusan.

2. Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Tips ini adalah salah satu saran dari Rasulullah SAW, dimana kita seharusnya mengakhirkan sahur maksudnya adalah makan ketika imsak tinggal beberapa menit lagi jadi kita mempunyai cukup energi dari pada shaur ketika jam imsak masih lama.

Dan juga segeralakan berbuka jangan ditunda-tunda, selain menjadi dosa hal ini juga akan membuat kalian menjadi lesu mengerjakan hal-hal lain seperti Sholat Tarawih

3. Konsumsi Kurma dan Madu saat Sahur

Madu mengandung gula alami sebesar 80% dan juga kalori yang cukup tinggi, hal ini dapat membuat tubuh merasa sehat ketika menjalankan ibadah puasa. Selain itu madu juga bersifat anti bakteri sehingga baik dikonsumsi secara rutin

4. Jangan Konsumsi Bubur saat Sahur

Hindari makan-makanan yang mengandung tepung seperti bubur, dan mie instant. Mengkonsumsi makanan yang lembek seperti bubur akan memberikan efek cepat lapar karena kandungan gula yang tinggi. Konsumsilah makanan tinggi serat dan protein seperti buah-buahan dan daging.

5. Berolahraga

Ketika kamu berpuasa bukan berarti kamu juga harus berpuasa dalam berolahraga. Berolahragalah ringan minimal 30 menit seperti berjalan atau berlari. Hal ini diupayakan untuk menjaga kebugaran tubuh kita ketika berpuasa.

Meski berkeringak, lelah dan haus tidak ada salahnya kalian mandi ketika selesai berolahraga. Hal ini membuat badan menjadi fresh kembali dan siap untuk berbuka.

6. Tidur

Ya tidur… selain mendapat pahala, tidur juga dapat mempercepat waktu ketika kita menunggu waktu buka. Tapi jangan tidur berlebihan sehingga aktivitas lain seperti sholat, bekerja, dan lainnya juga terlewat.

7. Ngabuburit / Jalan-Jalan sore hari

Dari pada jenuh dirumah lebih baik kalian jalan-jalan di sore hari sambil mencari tempat-tempat sejuk. Selain bisa melepas pengat kalian juga bisa mencari makanan/takjil untuk berbuka puasa.

8. Terapkal Pola Minum 2-4-2

Pasti kalian sering denger pola minum ini di iklan-iklan atau media lainnya. Ya hal ini dapat mencegah dehidrasi ketika berpuasa.

Minumlah 2 gelas air putih ketika berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas ketika sahur. Sehingga cairan ditubuh anda tetap terisi.

9. Minum Sari Buah Saat Berbuka

Ketika berpuasa kita akan kehilangan banyak elektrolit, oleh karena itu makanlah makan-makanan berserat seperti buah-buahan. Namun jika tidak ada buah-buahan maka minumlah sari buah karena sari buah-buahan dapat mengembalikan elektrolit yang hilang

10. Banyak konsumsi Vitamin C

Jika kalian sering merasa tenggorokan dan bibir kering, itu karena kalian kekurangan Vitamin C. Cobalah untuk makan makanan yang mengandung Vitamin C seperti Jeruk atau juga jus jeruk ketika Sahur maupun berbuka.