10 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Dirumah Tanpa Les


#1

Mempelajari bahasa inggris merupakan hal yang sangat penting, dimana kita dapat berinteraksi dengan orang yang berbeda kebangsaan dengan kita, selain itu juga teknologi atau hal-hal lain yang lebih kompleks biasanya menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu kita harus menguasai bahasa inggris untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini.

Baca Juga: Alasan Kenapa Mempelajari bahasa Inggris Itu penting

Dan penguasaan bahasa inggris sendiri juga akan memberikan manfaat di bidang kehidupan lainnya seperti pemahaman tingkat lanjut dalam pendidikan, dan juga kebutuhan esensial di bidang pekerjaan.

Tapi kenapa ya masih banyak orang tidak mau belajar bahasa inggris padahal tidak ada salahnya belajar bahasa inggris. Dan sebenarnya belajar Bahasa Inggris itu tidaklah sulit seperti yang dibayangkan, Jika kamu rajin berlatih dan terus memperbaiki kesalahan, mungkin kurang dari satu tahun kamu sudah Pro dalam berbicara bahasa inggris.

Yang mungkin jadi masalah adalah cara kamu belajar bahasa inggris yang salah satunya adalah kamu menghafal buku Kamus Bahasa Inggris yang sangat tebal atau mungkin cara ajar guru bahasa mu yang ternyata tidak dapat kamu pahami.

Oleh karena itu simaklah tips berikut Ini tentang 10 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Dirumah Tanpa Les:

1. Menggunakan bahasa inggris dikehidupan sehari-hari

Mungkin disekolah kamu sudah ada kebijakan dimana para siswanya harus menggunakan bahasa inggris pada hari yang ditentukan, ini biasanya disebut English-day. Nah ini adalah salah satu cara dimana kamu bisa belajar speaking/berbicara secara langsung menggunakan bahasa inggris.

Tidak perlu merasa malu/takut karena kamu merasa grammar atau vocabulary mu salah karena ini adalah proses belajar.

2. Mendengarkan musik berbahasa inggris

Dengarkan lah musik berbahasa inggris, dan pahami apa maksud dari lagu tersebut. Jika kamu menemukan kosa-kata baru dalam lirik yang kamu putar maka cobalah gunakan kamus atau terjemahan untuk mencari tahu apa arti dari kata tersebut.

3. Baca Quotes/Kutipan Bahasa Inggris

Quotes biasanya mempunyai makna tertentu bagi si pembaca dan biasanya kata-katanya mudah dimengerti. Nah cobalah pahami apa makna dari Quotes tersebut lalu terjemahkan ke dalam Bahasa indonesia.

Dengan begini kamu bisa memahami apa maksud yang ingin disampaikan si penulis kepada pembacanya.

4. Menulis Artikel Berbahasa Inggris

TIdak perlu membuat artikel tentang berita, atau hal-hal formal di blog mu. Cobalah tulis artikel tentang kehidupan sehari-hari, pengalaman pribadi ataupun cerita yang kamu buat sendiri menggunakan bahasa inggris.

Nah ketika kamu menulis sudah pasti kamu mencari vocabulary yang tepat untuk tulisan kamu dong, dan Ini dapat meningkatkan kosa kata baru untuk kamu ucapkan dalam Bahasa Inggris.

5. Lihat Interactive Video Berbahasa Inggris di Youtube

Pernahkah kamu lihat video dari channel seperti Kok Bisa? ini adalah salah satu Channel interaktif edukasi menggunakan bahasa indonesia. Nah sekarang kita coba pergi lebih jauh dan melihat channel-channel interaktif berbahasa inggris contohnya Life Noggin atau Kurzgesagt – In a Nutshell

Selain kamu bisa menambah skill mu dalam listening kamu juga mendapatkan konten edukasi disana.
Jika kamu kesulitan memahami apa yang diucapkan mereka cobalah klik Setting > Caption lalu klik English[CC], maka akan keluar subtitle berbahasa inggris sehingga kamu bisa menirukan pronounce/pelafalan yang benar dalam bahasa inggris

6. Bermain Game

Ini adalah cara yang paling mengasyikan dalam belajar bahasa inggris. Banyak orang dapat mengerti bahasa inggris dengan cepat dengan bermain game.

Cobalah mainkan game berbahasa inggris. Jika kamu tidak mengerti teks dalam game yang kamu mainkan maka bukalah kamus atau terjemahan dan masukan kata bahasa inggris tersebut tersebut.

Dengan begitu kamu dapat dengan cepat belajar berbahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan.

7. Sering baca Artikel dalam Bahasa Inggris

Ini adalah satu cara yang paling penting, yaitu sering membaca. Kamu bisa meningkatkan kecepatan membaca bahasa inggris dengan membaca artikel-artikel berbahasa inggris seperti berita atau tutorial.

Bacalah minimal 4 Artikel perhari untuk mempertajam kemampuan membaca bahasa inggris.

8. Baca Question And Answer Bahasa Inggris di Internet

Apa itu Question and Answer?

Question and Answer atau sering disingkat Q&A/QnA adalah istilah untuk mendapatkan jawaban dari suatu pertanyaan yang di publikasikan di internet. Orang-orang yang menjawabnya pun tidak harus memiliki skill atau keterampilant tertentu, Misalnya kita ingin bertanya tentang manfaat memakan baso… tidak harus para ahli baso yang menjawab namun semua golongan dapat menjawabnya

Salah satu situs terbesar yang menyediakan program Qestion and Answer Adalah Quora.com dan juga yang terkenal dari dulu adalah answer.yahoo.com

Nah biasanya di kalau kamu sering buka Yahoo Answer yang berbahasa Indonesia sekarang cobalah eksplorasi yang menggunakan bahasa inggris. Sehingga kamu bisa belajar beberapa kosa kata dan grammar dari pertanyaan dan jawaban mereka.

9. Gunakan Aplikasi Chatting dan Ikuti Grup-Grup/Forum Bahasa Inggris di Sosial media

Untuk berinteraksi dengan orang asing maka sering-seringlah kamu chatting dengan orang-orang luar negeri atau bisa juga kamu ikuti salah satu grup tentang belajar Bahasa Inggris.

Kamu dapat menambah teman dan berlatih berinteraksi menggunakan bahasa Inggris.

10. Baca Meme Berbahasa Inggris

Di Sosial Media seperti Facebook, Twitter, dan Youtube biasanya kalian melihat beberapa meme lucu menggunakan Bahasa Indonesia. Sekarang coba carilah meme atau cerita humor berbahasa inggris lalu pahami kata-kata tersebut.

Biasanya ada beberapa meme dengan Genre Dark Humor, artinya meme tersebut hanya bisa dipahami jika kalian mengerti apa maksud si pembuat meme. Nah cara ini bisa membuat cara belajar bahasa Inggris anda lebih menyenangkan

Nah itulah 10 Cara Efektif Untuk belajar berbahasa inggris. Bagaimana menurut kalian? Mana yang lebih Mudah?


5 Alasan Kenapa Menguasai Bahasa Inggris Itu Sangat Penting