5 Bahasa Pemrograman Populer di Tahun 2018


#1

Bahasa Pemrograman merupakan bahasa yang digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi, software, server infrastruktur, atau hal lainnya. Dengan menggunakan bahasa pemrograman yang cocok, Anda dapat menghemat waktu dan menyelsaikan pengembangan software dengan efisien. Namun ada beberapa bahsa Pemrograman yang ternyata sangat populer di tahun 2018.

Berikut adalah 5 bahasa pemrograman terpopuler saat ini:

1. Java

Java adalah bahasa pemrogramman memiliki peringkat pilihan atas sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling populer, digunakan untuk membangun aplikasi sisi server, video game video dan aplikasi seluler. Ini juga merupakan fondasi inti untuk mengembangkan aplikasi Android, menjadikannya favorit banyak programmer. Dengan mantra WORA (Write Once Run Anywhere), Yang dimana kita hanya menggunakan satu code base namun dapat dijalankan di platform lainnya.

3. C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.

3. C++

C++ adalah cabang dari bahasa pemrograman C. Awalnya dibuat pada tahun 1983, dan aplikasi penggunakan bahasa pemgrogramman C++ dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari aplikasi web desktop hingga infrastruktur server.

4. Python

Kerangka kerja Python dapat bekerja untuk banyak hal, dari aplikasi web hingga analisis data. Python sering digembar-gemborkan sebagai bahasa pemrograman termudah untuk dipelajari, dengan sintaksnya yang sederhana dan lugas. Python telah meningkat dalam popularitasnya karena investasi Google di dalamnya selama dekade terakhir (pada kenyataannya, satu studi baru-baru ini telah menunjukkan Python menjadi bahasa pemrograman yang paling sering diajarkan di sekolah-sekolah AS). Aplikasi lain yang dibangun dengan Python termasuk Pinterest dan Instagram.

5. C#

C# (dibaca Ce Sharp) adalah bahasa yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Microsoft. C# secara sintaksis hampir identik dengan Java. Jika Anda sudah familiar dengan bahasa Java, Anda mungkin akan memiliki waktu yang lebih singkat untuk mempelajari bahasa Pemrogramman C#. Jika Anda ingin bekerja di aplikasi Microsoft, C# adalah cara terbaik. C# juga merupakan salah satu bahasa pemrogramman yang digunakan untuk pengembangan mobile application menggunakan framework Xamarin.