5 Langkah Memulai Youtube Live dari Digital Marketing Agency Jakarta Terbaik

Ingin membuat Youtube Live untuk menjangkau lebih banyak lagi penonton-penonton baru dan menghasilkan pundi-pundi emas lebih banyak lagi? Ikuti 5 langkah dari digital marketing agency Jakarta terbaik yuk.

Akses ke Dashboard Youtube Live

Masuklah ke akun Youtube kamu, klik pada foto channel Youtube kamu di bagian kanan atas dan klik tombol Creator Studio. Setelah itu klik Live Streaming yang terletak di sebelah kiri menu.

Kalau ini adalah live streamingmu yang pertama, kamu akan mendapatkan pesan singkat dari Youtube. Disinilah kamu perlu mengisi nomr telepon dan mendapatkan link untuk dibagi-bagikan ketika kamu memulai interaksi dengan audiens. Setelah memasukkan semua data-data yang dibutuhkan klik Agree to the terms and conditions untuk memulai penggunaannya.

  1. Kenali Dashboard

Sebelum kamu memulai live streaming pertama kamu, kamu perlu memahami terlebih dahulu dashboard.

Live Streaming Checklist

Bagian Streaming Checklist terletak di kanan atas. Dia akan membantu pembuatan Live Event Youtube pertamamu. Informasi ini selalu terletak di bagian kanan atas Youtube Live Dashboard kecuali kamu memutuskan tidak memunculkan tips ini lagi.

Chat Window

Di bawah Checklist, kamu akan menemukan Chat Window. Di sinilah kamu bisa melihat orang-orang interaksi dengan kamu. Pada bagian bawah kamu bisa chat dengan viewer kamu dan mengirimkan emoticon. Kalau kamu butuh opsi tambahan, klik tombol bergambar tiga titik untuk lebih banyak opsi. Atau kamu bisa mematikan chatnya dengan menggunakan tombol Setting (roda gerigi) di bagian Chat.

Kamu juga mungkin menemukan kotak Grid di bagian kanan atas chat dan widget lainnya di Dashboard Youtube Live. Nah di kotak ini kamu bisa menata dashboard untuk menyesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan kamu.

Information Box

Bagian ini adalah tempat kamu menaruh detail tentang Live Event Youtube kamu. Bagian ini mirip dengan bagian informasi ketika kamu upload video di Youtube. Hanya saja opsinya lebih banyak.

Mulailah dengan mengisi judul, deskripsi, kemampuan menjadwalkan Live Stream, kategori dan privacy. Lalu klik bagian Stream Options untuk melakukan pengaturan terhadap Stream. Jika kamu mau memonetisasi, klik bagian Monetization juga yang telah terhubung ke Google Adsense. Kamu juga bisa menambahkan Cards untuk membuat Call to Action.

Dant terakhir, klik Advanced Setting di bagian sudut kanan bawah bila kamu ingin pengaturan lebih lanjut.

Memasang Software

Untuk live streaming dari Youtube Live di PC atau laptop kamu, kamu butuh aplikasi khusus. Ada beberapa aplikasi yang direkomendasi Youtube seperti Open Broadcast Software yang gratis. Setelah itu koneksikan software ini ke Youtube.

  1. Memulai Live Streaming pertamamu

Ketika kamu sudah siap memulainya, klik streaming dari aplikasi. Dan aplikais ini akan langsung broadcast videomu ke Youtube Live. Penonton-penontonmu yang sedang buka Youtube akan melihat live streaming kamu dan bisa chat dengan mereka.

Pada saat streaming, kamu juga bisa melihat pada kotak Analytics untuk melihat berapa banyak orang yang menyaksikan streaming kamu. Dan ambil url Live kamu itu untuk dibagikan. Ketika kamu sudah selesai streaming, klik berhenti di aplikasi.

  1. Membaca Youtube Live Analystics

Seusai live streaming, video kamu akan bisa diunggah sebagai video di konten kamu seperti biasa dan ditonton audiens yang belum sempat menontonnya.

Ketika kamu klik pada salah satu video Live Event, kamu bisa melihat tombol Analytics di bawah video. Di sana kamu bisa melihat engagment dari penonton selama sesi live streaming kamu.

  1. Unduh video dan bagikan ke orang-orang lain

Kamu ingin memanfaatkan video Youtube Live mu dengan maksimal? Pergilah ke Video Manager, klik pada kotak dropdown yang berada di dekat tulisan Edit Link dan unduh file mp4 nya. Setelah itu kamu bisa bagikan video kamu di berbagai platform sosial media lainnya yang kamu inginkan.

Gampang sekali bukan untuk memulai Youtube Live. Kamu cukup mengikuti 5 langkah yang dibagikan oleh digital marketing agency jakarta terbaik, iBiG Digital. Yuk mulailah live streaming untuk meraih lebih banyak subcriber dan penjualan produk atau layanan.