6 Game Engine Terbaik untuk Membuat Game Android dan iOS


#1

Kalian punya impian membuat game ciptaan kalian sendiri untuk platform Android atau iOS namun masih bingung memilih Game Engine mana yang cocok untuk anda, karena banyaknya pilihan Game Engine di luar sana. Dan kali ini saya akan ngasih tau daftar list Game Engine terbaik untuk pengembangan game di Android.

Sebelum ke daftar list Game engine, saya akan kasih penjelasan dulu apa itu Game Engine.
Game engine adalah Tools yang digunakan oleh para pengembang untuk membuat game dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan sehingga kalian tidak harus membuat struktur game dan program pustaka game dari awal, karena pada dasarnya Game engine sudah terdapat beberapa fungsi yang menyediakan fitur-fitur tersebut seperti Physics, Sprite, Audio, dan Animations, dll.

Jadi Game Engine mana yang terbaik untuk membuat game engine berbasis mobile (Android/iOS)? Di sini kami akan mengevaluasi alat pengembangan game mobile 5 teratas yang dapat Anda gunakan untuk memulai proyek Anda:

1. Unity


Unity adalah Game Engine intuitif yang menawarkan berbagai macam fitur untuk pengembangan game 2D dan 3D. Ini adalah salah satu Game Engine terbaik untuk pengembangan game mobile cross platform. Anda dapat dengan cepat dan mudah memindahkan proyek game Anda ke Android, iOS, Windows Phone 8, dan platform BlackBerry. Selain itu Unity juga mendukung aset dari aplikasi 3D seperti 3ds Max, Maya, Softimage, CINEMA 4D, Blender, dll. Dan Dengan rilis terbaru Unity 4.3, ini telah mendukung sprite 2D dan physics 2D juga ditambahkan.

Meskipun Unity terintegrasi dengan semua aplikasi 3D utama, ada banyak batasan untuk kemampuan pengeditannya di dalam editor mesin. Terlepas dari beberapa bentuk primitif, semuanya harus dibuat menggunakan aplikasi 3D pihak ketiga. Atau, Anda selalu dapat membeli aset dari pustaka aset (harga ditentukan oleh penulis aset). Juga, dengan dukungan 64-bit dan WebGL baru, Unity 5 jelas merupakan pesaing kuat di antara mesin pengembangan game mobile.

Mesin Unity hadir dengan banyak opsi penetapan harga. Versi Pro dari Persatuan, yaitu $1.500 (Sekitar 20 Juta Rupiah) atau $75 (Sekitar 1 Juta Rupiah) perbulan per platform. Ada juga Unity 5 Personal Edition yang mencakup banyak fitur umum seperti Profiler, Shading berbasis fisik, Refleksi, dll.

2. Cocos2D-x


Cocos2D-x adalah kit pengembangan game 2D untuk Android, iOS, Linux, OS X, dan ponsel Blackberry. Sebagai alat sumber terbuka, perangkat ini dilengkapi dengan banyak dokumentasi terperinci dan dukungan komunitas. Keunggulan Game Engine ini adalah penggunakan build component yang efisien dalam arti bahwa Anda dapat membuat game dengan ukuran serendah 1,5 MB. Menggunakan OpenGL untuk membuat grafik 2D yang dioptimalkan.

Beberapa permainan populer yang dikembangkan menggunakan Cocos2D-x termasuk Badland, Clash of Kings, Hardest Game Ever 2, Contra: Evolution, dll. Meskipun merupakan Game Engine yang sangat efektif, ia memiliki kemampuan terbatas dalam pengembangan game 3D. Namun Cocos2D-x adalah SDK pengembangan game yang luar biasa untuk proyek kecil hingga menengah.

3. Unreal Engine


Unreal Engine 4 (UE4) adalah versi UDK berikutnya (Unreal Development Kit). Ini adalah Game Engine Baru yang dirilis oleh Epic Games. Kit pengembangan Game ini dilengkapi dengan opsi luar biasa untuk seluler, PC, serta pengembangan untuk konsol (Playstation, XBOX). UE4 mencakup kemampuan grafis yang menakjubkan seperti pencahayaan dinamis canggih dan sistem partikel baru yang dapat menangani hingga satu juta partikel dalam suatu adegan secara bersamaan. Ini adalah hal yang pasti untuk setiap pengembang game 3D.

Unreal Engine 4 baru hadir dengan banyak perubahan dari pendahulunya. Tidak seperti UDK, Unreal Engine 4 menggunakan C ++ sebagai bahasa scripting, sepenuhnya menggantikan UnrealScript yang populer. Juga, Kismet diganti dengan sistem Blueprint yang lebih user-friendly.

Ada juga perubahan harga dari $19 /bulan menjadi royalti 5% setiap kali permainan diliris. Royalti ini hanya akan berlaku jika penghasilan per game lebih dari $3000 per kuartal. Perubahan ini telah membuat Unreal Engine 4 gratis bagi banyak pengembang yang kemungkinan akan meningkatkan penetrasi pasar alat tersebut. Selain Android dan iOS, itu juga dapat digunakan untuk pengembangan game PC, Mac, Xbox One dan PlayStation 4. Ini juga dilengkapi dengan alat untuk meningkatkan realitas virtual dan teknologi augmented reality untuk pengembangan game mobile. Keserbagunaan dan kemampuan alat ini dapat membantu Anda mengembangkan berbagai jenis game memukau dengan berbagai ukuran dan kualitas, menjadikannya pilihan ideal bagi banyak pengembang game seluler.

4. Corona SDK


Corona SDK adalah kit pengembangan game 2D lintas platform yang digunakan untuk pengembangan game untuk platform seluler serta Apple TV & Android TV. Menggunakan Bahasa Lua sebagai bahasa scripting yang populer di kalangan pengembang game karena jangka waktu belajar yang singkat. Corona SDK tersedia untuk Mac dan juga sistem operasi Windows. Muncul dengan lebih dari 500 API untuk berbagai fungsi dari animasi ke jaringan. Dengan pengujian real-time di Corona, Anda dapat dengan mudah mengimitasi, mengkode, dan memvalidasi sekaligus.

Keuntungan utama lain menggunakan Corona untuk pengembangan game seluler adalah harganya. Dengan rencana gratis Corona telah menarik banyak pengembang dan pada gilirannya, telah menciptakan komunitas pendukung yang sangat besar. Meskipun versi dasarnya gratis, tetapi juga dilengkapi dengan solusi enterprise seharga $79/bulan, dan versi lain dengan harga sedikit lebih tinggi yaitu $199/bulan. Satu kelemahan dengan Corona adalah hanya dapat digunakan untuk pengembangan game 2D. Ini sangat terbatas pada kemampuan dalam game 3D, VR atau AR. Jika Anda berencana untuk membuat game AAA maka platform ini mungkin terasa sedikit membatasi.

5. Lumberyard


Amazon Lumberyard adalah Game Engine AAA gratis yang dapat digunakan untuk Android, iOS, PC, Xbox One, dan PlayStation 4. Ini didasarkan pada CryEngine, perangkat pengembangan game yang dikembangkan oleh Crytek. Dengan fungsi lintas platform, Lumberyard menyediakan banyak alat untuk membuat game berkualitas AAA. Beberapa fitur terbaiknya mencakup kode sumber C ++ lengkap, jaringan, suara mesin kaya fitur Audiokinetic, integrasi tanpa batas dengan AWS Cloud dan Twitch API. Grafisnya dipercepat dengan berbagai medan, karakter, rendering, dan alat authoring yang membantu menciptakan lingkungan 3D berkualitas foto dalam skala besar.

Amazon juga membeli Twitch, sebuah platform video sosial live streaming dan chatting dengan basis pengguna lebih dari 100 juta pengguna per bulan. Platform yang terutama difokuskan pada streaming video game telah menjadi platform penting untuk pemasaran game seluler dan video. Dengan pengembang integrasi asli dapat menyertakan fitur game sosial menggunakan Twitch ChatPlay, Twitch Metastream, dan TwitchJoinIn.

Penetapan harga adalah keunggulan kompetitif lain dari Lumberyard. Tidak ada royalti atau biaya lisensi yang melekat pada penggunaan game. Satu-satunya biaya yang terkait dengan alat ini adalah penggunaan AWS Cloud yang diperlukan untuk game multiplayer online. Tapi itu datang dengan keuntungan dari pengembangan dan penyebaran lebih cepat dengan demikian, membuktikan sebanding dengan biayanya.

6. BuildBox


Buildbox adalah mesin pengembangan game 2D yang memungkinkan pengguna untuk membuat game sederhana tanpa kode apa pun. Ini menawarkan antarmuka pengguna yang bersih di mana Anda hanya dapat drag dan drop elemen desain untuk membuat permainan dalam waktu singkat. Game Engine ini dapat digunakan untuk platform Android dan iOS sehingga bekerja dengan sempurna sebagai mesin pengembangan permainan lintas platform. Namun harga untuk mengembangkan game melalui software ini sedikit mahal seharga $99/bulan atau $1008/tahun.

Ini sangat ideal untuk merancang game sederhana seperti ColorSwitch, The Line Zen, SKY dll. Bahkan, semua game ini dirancang menggunakan BuildBox. Sebaliknya, mesin tidak memiliki kemampuan 3D dan Anda akan memiliki kendala dalam mengimplementasikan fitur yang tidak tersedia di konsol pengembangan. Apakah atau tidak untuk memilih toolkit ini sangat tergantung pada kebutuhan Anda. Secara keseluruhan ini adalah solusi yang baik untuk non-programmer untuk membuat game.

Baca Juga: Defold Game Engine 2D Untuk Pengembangan Game Cross-Platform


Nggak Sampai Setahun, Game Fornite sudah menembus 125 juta pemain secara global