7 Alasan Kenapa Mempelajari Matematika Itu Sangat Penting!


#1

Kebanyakan orang berpikir kenapa sih kita harus belajar Matematika?
Lagipula kita gak mungkin 100% menggunakan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Seperti aljabar, matriks, dll.

Well, Meski masalah Matematika emang terlihat tidak digunakan di dunia nyata. ternyata Matematika itu sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan kita setiap hari, Dengan tidak adanya Matematika, tidak mungkin ada teknologi seperti Komputer, atau Smartphone seperti saat ini, selain itu mempelajari Matematika Memberi manfaat yang baik untuk kita

Dan inilah 7 Alasan Kenapa Menguasai Matematika itu sangat Penting!

1. Belajar Matematika Mempercerdas Otak Kita

Peneliti dari Stanford University (Dr. Tanya Evans) menyatakan bahwa anak-anak yang menguasai matematika mereka mempunyai otak yang lebih andal dari pada yang tidak menguasainya. Otak yang terlibat dalam keterampilan matematika lebih tinggi ternyata lebih berperforma tinggi dikaitkan dengan berbagai tugas kognitif yang melibatkan perhatian visual dan pengambilan keputusan.

2. Matematika adalah bahasa universal.

Matematika dipahami hampir sama di seluruh dunia, Persamaan matematika tidak perlu diterjemahkan ke bahasa lain untuk dipahami oleh seseorang. Hukum matematika tidaklah berubah. Dimana pun kita berada, berbeda ras, suku atau agama hukum matematika tetaplah sama, seperti contonhya 1 +1 = 2. Ini tidak bisa dirubah lagi walaupun kamu berada di negara manapun atau planet manapun :smiley:

3. Matematika membantu kita dalam hal keuangan

Pernah belajar akuntansi? Akuntansi adalah proses pengumpulan data keungan untuk membuat keputusan. Dan dengan adanya matematika kita dapat mengaplikasikan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan seperti membatasi anggaran pembelajaan, contohnya kita ingin membeli makanan A dengan harga Rp5 Sedangkan makanan B dengan harga Rp3.5 dengan kualitas yang sama dengan makanan A, sudah pasti kita membeli makanan B karena lebih murah.

4. Matematika membantu kita memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah yang lebih baik.

Matematika membantu kita berpikir analitis dan memiliki kemampuan penalaran yang lebih baik. Berpikir analitis mengacu pada kemampuan berpikir kritis tentang dunia di sekitar kita. Penalaran adalah kemampuan kita untuk berpikir logis tentang suatu situasi. Keterampilan analitis dan penalaran penting karena membantu kita memecahkan masalah dan mencari solusi.

5. Matematika digunakan hampir di setiap pekerjaan atau karir

Ahli matematika dan ilmuwan bergantung pada prinsip-prinsip matematika untuk melakukan pekerjaannya seperti menguji hipotesis. Sementara karir ilmiah terkenal melibatkan matematika, mereka bukan satu-satunya karier untuk melakukannya. Bahkan mengoperasikan mesin kas mengharuskan seseorang memahami aritmatika dasar. Pekerjaan apa pun membutuhkan matematika, seperti menafsirkan gaji dan menyeimbangkan anggaran.

6. Matematika ada di sekitar kita dan membantu kita memahami dunia dan jagat raya dengan lebih baik.

Bagaimana para ilmuwan mengetahui diameter Bumi, Bulan, atau bahkan Matahari. Ya, mereka menggunakan Ilmu Matematika. Dengan adanya matematika kita dapat mengetahui jarak antara bumi dan matahari, memprediksi hal-hal sistematis, dan lainnya.

7. Matematika dapat membuatmu lebih populer.

Ini sih tidak terlalu penting tapi jika kamu jago Matematika sudah pasti banyak orang yang deketin kamu, karena kamu disangka paling pinter :grin:. Ya kebanyakan orang menyangka bahwa kalau seseorang pinter di Matematika pasti semua pelajaran juga pinter, jadi tidak ada salahnya untuk menguasai matematika lebih dalam lagi.

Nah itulah alasannya kenapa kalian harus menguasai Matematika. menurut kalian mana yang lebih penting?