8 Kebiasaan Sehari-hari Yang Ternyata Dapat Merusak Kesehatan Kita


#1

Sering kali kita melakukan kebiasan-kebiasan yang dianggap wajar, tapi tahukah kamu ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan kita. Contohnya adalah menggunakan smartphone atau gadget sebelum tidur yang dimana hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Dan inilah 8 Jenis kebiasaan yang seharusnya kalian tidak lakukan:

1. Menahan Bersin

Mungkin ada sebagian dari kalian yang dimana biasa menutup mulut dan hidung agar tidak bersin, ini karena anda sedang berada di tempat umum atau bersama keluarga yang dimana jika kita bersin akan dianggap tidak sopan.

Tapi dengan kita menutup mulut dan hidung kita sebagai upaya untuk mencegah bersin, maka tekanan intrakranial kita meningkat secara signifikan. Aliran darah ke otak kita menjadi terganggu, pembuluh darah dan jaringan saraf kita akan menyusut. Ini dapat menyebabkan sakit kepala, kerusakan pembuluh darah, dan bahkan masalah pendengaran.

Jadi jangan pernah coba untuk menahan bersin, biarkanlah diri kita bersin. Jika kalian berada di tempat umum atau sedang berbicara dengan orang lain maka yang harus dilakukan adalah menutup menggunakan tangan atau tisue sehingga terlihat lebih sopan.

2.Menggunakan Parfum Yang Menyengat

Zat sintetis sering digunakan untuk membuat parfum karena mereka menghasilkan aroma yang lebih kuat dan lebih murah daripada minyak alami. Zat-zat ini dapat menyebabkan pusing, mual, dan mengantuk, juga mengiritasi mata, tenggorokan, dan kulit.

Untuk mengatasi hal ini maka gunakanlah minyak alami yang tidak terlalu menyengat seperti minyak alami atau menggunakan parfum dengan zat sinstetis di ruangan yang tidak terlalu tertutup sehingga udara dapat keluar.

3. Menggunakan smartphone sebelum tidur

Cahaya smartphone/gadget pada malam hari dapat menekan produksi hormon melatonin. Yang dimana jika Melatonin kita rendah dapat menyebabkan depresi, kanker, kegemukan, penyakit jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang rapuh.
Oleh karena itu tidur lebih awal adalah pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan Anda.

4. Menyimpan makanan dalam wadah plastik

Banyak wadah plastik mengandung zat kimia buatan, seperti phthalate dan bisphenol yang dimana zat-zat ini dapat meningkatkan keawetan plastik. Nah jika makanan kita disimpan dalam kotak plastik dalam jangka waktu lama, zat tersebut dapat meresap ke dalam makanan.

Ada baiknya untuk menyimpan makanan dalam wadah yang terbuat dari kaca, baja tahan karat, atau bahan keramik.

5. Menyikat gigi Anda setelah makan

Dokter gigi menyarankan agar anda harus menyikat gigi setidaknya 30 menit setelah makan. Jika memungkinkan, satu jam lebih baik. Tapi jika kalian makan makanan yang sangat asam maka sikat yang anda gunakan untuk menyikat gigi akan mendorong asam lebih dekat ke dentin. Ini dapat menyebabkan sensitivitas ekstrim dan merusak enamel.

6. Sering menggunakan sabun antibakteri

Sejumlah besar bakteri yang berguna hidup di permukaan kulit kita, memainkan peran dalam melindungi tubuh kita. Jika kita menggunakan sabun antibakteri terlalu sering, Maka ada peluang bagi bakteri berbahaya untuk masuk ke tubuh kita.

Para ahli dermatologists merekomendasikan menggunakan sabun antibakteri hanya untuk luka, atau hal-hal lain yang berkaitan setelah melakukan kegiatan kotor. Dan apabila kita terlalu sering menggunakan sabun anti bakteri maka akan dapat menimbulkan bahaya seperti kehilangan imunitas dalam kulit.

7. Memakai Celana Jeans yang Ketat

Meskipun mereka mungkin telihat modis, tapi menggunakan celana jeans ketat secara terus-menerus menekan saraf pada kulit anda.Ini menyebabkan perasaan ketidaknyamanan konstan yang dapat menyebabkan masalah dengan sistem saraf.

Dengan berkurangnya aliran udara ke kaki karena ketatnya celana tersebut, ini dapat menyebabkan gatal dan kesemutan, dan akhirnya membuat kaki anda mati rasa.

8. Minum Jus buah Terlalu Sering

Tidak semua orang tahu bahwa jus buah ternyata hanya baik untuk anda dalam jumlah sedikit.
Dalam kasus penyakit tertentu, jus bahkan dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh Anda.
Misalnya, jus anggur tidak dianjurkan untuk mereka yang kelebihan berat badan atau yang menderita diabetes.

Selain itu, jus adalah alergen yang kuat, jadi anda harus berhati-hati memberikannya kepada anak-anak: berikan mereka hanya dalam jumlah kecil, dan, jika mungkin, konsultasikan dengan dokter sebelumnya.