Alasan Logis Kenapa Sih banyak orang pingin Jadi PNS


#1

Ketika teman-teman kalian lulus SMA atau setelah lulus kuliah mungkin ada sebagian dari mereka yang ikutan daftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Kebanyakan dari mereka berspekulasi bahwa kalau jadi PNS/ANS itu kehidupannya terjamin, dan yang paling penting itu adalah adanya jaminan dana pensiun yang diberikan tiap bulan ketika kita sudah tidak bekerja.

Namun disini kita juga akan bahas satu-satu kenapa sih banyak banget orang yang ingin jadi PNS

1. Mendapat Banyak Tunjangan

Kamu yang ingin jadi PNS pasti sering dapet rumor kalau sebenernya gaji PNS itu tidak sebesar gaji yang diberikan oleh perusahaan swasta. Tapi meskipun begitu ternyata banyak banget loh tunjangan yang diberikan ketika kamu menjadi PNS salah satu diantaranya adalah Tunjangan beras, Tunjangan anak istri, Tunjangan kesehatan, Tunjangan dan pensiun, dan lain-lain. Selain itu beberapa instansi juga memberikan tunjangan lebih seperti instansi kepolisian, pertanian, dan juga keuangan akan mendapatkan remunerasi lebih. Dan pada instansi guru juga akan mendapatkan tunjangan sertifikat.

2. Jaminan dana Pensiun

Nah ini yang mungkin jadi kebanyakan orang memilih bekerja jadi PNS, yaitu adalah jaminan dana pensiun dimana kamu akan diberi gaji setiap bulannya walaupun sudah tidak bekerja sebagai PNS, misalnya kamu sudah terlalu tua :smile: jadi mereka tidak akan memperkerjakan kamu lagi tapi sebenernya kamu tetep dibayar kok. Tapi sebenarnya gaji yang diberikan juga tidak banyak namun dana ini lumayan untuk menghidupi keluarga

3. Jaminan Gaji

Meskipun gaji PNS tidak sebesar gaji yang diberikan perusahaan swasta. Tapi sebenarnya gaji mereka akan naik setiap 2 tahun sekali. Dan juga kalau instansi dimana kamu bekerja merupakan instansi besar tidak menutup kemungkinan gaji yang diberikan juga besar. Dan gaji ini juga diluar tunjangan-tunjangan tadi lho

4. Ada 14 Gajian dalam setahun

Ya dalam setahun ada 12 bulan tapi kenapa kok digaji 14 kali, jadi gini mereka digaji setiap bulan dan akan dikasih gaji yang ke 13 di setiap bulan Juli. terus yang ke 14 itu adalah gaji THR atau tunjangan hari raya yang dimana akan diberikan pada hari raya idul fitri

5. Mudah Mendapatkan pasangan

Ketika kamu ngapel ke rumah mertua mungkin akan ditanya kerja dimana, nah bagi yang kerjanya sebagai PNS mungkin ini akan menjadi nilai tambah selain itu juga kebanyakan wanita ingin mempunyai suami yang berstatus PNS. hal ini dikarenakan jaminan yang diberikan ketika masa tua.

6. Mendapatkan banyak waktu luang

Dari tadi ngomongin gaji sekarang kita masuk ke manfaat lain yaitu mendapatkan banyak waktu luang, dimana jika kamu berprofesi sebagai PNS makan kamu akan memiliki banyak waktu luang, sebab jam kerjamu tidak seharian penuh. Luangnya waktu ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri untuk lebih kreatif memanfaatkan waktu atau mendirikan usaha.

7. Jenjang Karir

PNS juga mempunyai jenjang karier loh. Dimana para PNS bisa naik pangkat dari golongan bawah ke golongan yang paling atas. Bahkan jika pangkat dan golongan kamu sudah tinggi kamu bisa menjabat menjadi kepala instansi.

8. Tidak Ada PHK

Nah yang terakhir adalah tidak adanya PHK dimana kamu tidak perlu takut terjadi PHK sama seperti ketika perusahaan bangkrut, karena PNS tidak bergantung pada perusahaan swasta tapi bergantung pada Negara maka sangat kecil kemungkinan kamu perusahaan bangkrut. Tapi sama saja seperti swasta jika kamu melakukan hal-hal melakukan kejahatan seperti korupsi, mencuri, dan lain-lain. Bukan tidak mungkin kamu akan segera dikeluarkan

Nah itulah alasan-alasan kenapa banyak orang ingin menjadi PNS selain mendapatkan banyak tunjangan mereka juga mendapatkan benefit lainnya. Tapi jika anda tidak diterima sebagai PNS tidak perlu sedih karena sebenarnya kesuksesan tidak diukur dari profesi semata tapi dari kerja keras dan kejujuran.