Apakah Belajar Bahasa Pemrograman Perlu Menghafal?


#1

Ini jawaban yang mungkin ada pikiran anda ketika anda ingin mempelajari atau mulai belajar bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman atau Programming Language adalah bahasa yang digunakan manusia untuk memberi instruksi kepada komputer untuk menjalankan apa-apa yang diperintah oleh si penulis kode (programmer).

Jadi pertanyaannya apakah perlu kita menghafal untuk mempelajari bahasa pemrograman?

Jawabannya : Ya

Sama seperti bahasa manusia lainnya ketika anda ingin mengucapkan sesuatu ke seseorang yang berbeda kewarganegaraan dengan anda maka anda harus mengucapkan bahasa yang mereka mengerti. Ucapan atau kata-kata yang ingin disampaikan sudah pasti harus anda sesuai dengan apa yang ingin anda utarakan.

Sama seperti bahasa Pemrograman anda harus memberi instruksi sedetail mungkin agar si komputer dapat menjalankan program yang anda buat tanpa terkendala masalah atau bug. Oleh karena itu sangat penting untuk menghafal syntax dan pola-pola bhasa pemrograman yang ingin anda pelajari.

Tidak ada salahnya memang jika anda lebih memilih untuk tidak menghafal syntax atau pola-pola bahasa pemrograman yang anda miliki. Namun itu akan membuat anda kesulitan… seperti halnya anda harus membuka kamus ketika anda berbicara kepada orang asing, sedangkan jika bahasa pemrograman mungkin anda akan sering bulak-balik buka wiki dan dokumentasi pemrograman.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghafal syntax dan pola-pola paradigma dari bahasa pemrograman.