Ayamnya gak mati-mati! Membangun peternakan ayam sukses bagi pemula

Pada kesempatan kali ini saya Fandi (Bisnis Jember) akan membagikan artikel untuk kalian yang baru belajar atau masih pemula tentang peternakan ayam.


peternakan ayam jember

< JANGAN MENYERAH>

Kebanyakan orang hanya memperhatikan hasil akhir dari seorang pengusaha sukses.

Kemudian tidak jarang seseorang berkata; saya tidak bisa seperti dia! Dia hanya beruntung, tetapi yang tidak banyak di lihat adalah apa yang sudah dia lalui.

Perjuangannya berapa ribu kali di tolak dan gagal ayamnya mati semua, taninya gagal panen, uang di dompet kosong dan dapat tuduhan negative dari beberapa orang.

Kamu bisa lihat perbedaan orang yang menyerah dan yang tidak menyerah itu adalah mereka bekerja keras setiap hari, mereka bersaing setiap hari, mereka belajar dengan yang sudah ahli.

Mereka memperbaiki semuanya setiap hari, mereka terus mengejar semuanya. Bahkan ketika mereka merasa ingin menyerah tentu setiap hari di lakukan.

Untuk pengusaha yang mau memulai peternakan ayam, Mulailah dulu, kemudian rasakan dulu kegagalan seperti apa dan temukanlah jalan keluarnya, belajarlah dan lakukan perbaikan setiap hari.

Kondisi pasaran sekarang terutama di usaha peternakan ayam di jember jangan cemas dengan hal itu Karena, Kebutuhan konsumen akan kebutuhan ayam ini sangat-sangat dibutuhkan sekali.

Untuk memulainya jangan pikirkan dulu soal dana dan sebagainya. Yang harus kamu lakukan adalah mencoba dan memulai, tidak masalah kamu ternak cuman 2 ekor atau satu ekor yang penting mulai aja dulu.

Kalo udah bisa tambah lagi 2 ekor 3 ekor di jamin deh pasti banyak dan mereka beternak jangan takut gagal dulu, karena kalian bukan gagal tetapi kalian berproses.

Intinya pengusaha ayam yang sukses itu sangat-sangat mudah asal seberapa mau kalian ingin sukses seperti itu. Dan jangan pikirkan tentang gagal, karena itu gak bakalan menjadikan kamu sukses.

Ingat kebutuhan ekonomi kalian itu semakin hari semakin banyak dan kamu memiliki resiko dan kewajiban semakin banyak.

Setelah melakukan hal-hal yang telah di sebutkan dengan baik, Kadang kala ada saja hal yang berjalan di luar rencana. Karena itu, anda harus mengawasi ayam-ayam setiap waktu.

Seumpama untuk pemberian makan dapat dilakukan dengan menaburkannya ke seluruh lantai, Namun perhatikan untuk lebih dulu mengalasi lantai dengan koran atau lantai.

Suhu kandang juga penting untuk anda perhatikan, sebagai tanda anda bisa memperhatikan pola ayam dalam kandang.

Biasanya ayam akan begerombol jika suhu terlalu dingin, Sedangkan jika ayam merasa suhu terlalu panas, Mereka cenderung menjauhi dari lampu.

Kadang kala, ayam juga bisa mengalami sakit perhatikan apakah ada ayam yang menunjukkan gejala yang tidak biasa.

Jika hal ini terjadi, segera pisahkan ayam tersebut dari kawanan supaya ayam-ayam lainnya tidak terlular.

Jika perlu, segera berikan vaksin agar ayam bisa kembali sehat.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda ingin berhasil memulai bisnis ternak.

Semoga dengan melakukan cara-cara tersebut, ayam yang anda ternak bisa di panen dengan kualitas yang baik.

Sebagai pebisnis apalagi jika masih cukup pemula, Konsisten dan Gigih adalah kunci awal untuk meraih kesuksesan di masa depan.