Bagaimana Cara Menjadi Programmer yang Sebenarnya?


#1

Menjadi Programmer bukanlah hal yang mudah, karena menurut pengalaman saya menjadi programmer itu harus mengeluarkan banyak tenaga. Dimana kita harus jeli terhadap kode-kode yang kita tulis sehingga bisa terhindar dari program bug, selain itu juga untuk menambah keefektifan kinerja aplikasi.

Nah bagi yang pemula bagaimana sih sebenarnya cara belajar bahasa pemrograman dari awal?

Belajar Pemrograman itu butuh waktu yang lama

Pernah gk sih kalian liat buku pemrogramman dimana mereka membahas kalau belajar programman itu gampang, dan gk lebih dari 1 bulan kalian udah jago bikin aplikasi. Contoh dari buku ini adalah “Master Java in 21 Days”
Ini salah besar karena sebenarnya untuk menjadi programmer yang handal kalian itu butuh waktu kurang lebih 10 Tahun untuk bisa benar-benar menjadi programmer.

Salah satu artikel terkenal yang diterjemahkan kedalam banyak bahasa dimana pada artikel tersebut penulis mengkritisi beberapa buku untuk belajar bahasa pemrogramman dalam waktu yang singkat, artikel tersebut dapat dibaca di: http://norvig.com/21-days.html

Didalam artikel tersebut dijelaskan bahwa jika kalian ingin belajar hanya dalam 21 hari yang hanya kalian dapatkan adalah hanya dapat mengerti basic-basic pemrogramman tanpa mengerti bagaimana cara kerja pemrogramman yang sebenarnya seperti proses memory control, debugging, dll.

Dengan belajar hanya 21 hari anda mungkin hanya dapat menulis program Hello World, atau program-program basic lainnya yang dimana program tersebut tidaklah berguna.

Tips Efektif Belajar Bahasa Pemrograman

Untuk belajar bahsa programman yang efektif, sebenarnya yang harus kalian lakukan adalah Learning by Doing
Dimana kita harus terjun langsung/mempraktekan secara langsung bagaimana cara menjadi Pemrogrammer.

Salah satu situs penyedia belajar programming learning by doing adalah HackerRank, Dimana kalian bisa belajar dengan masalah dari yang mudah sampai yang sulit. Dengan begini kalian bisa belajar dengan cepat karena belajar dengan cara mempraktekannya sendiri akan membuat kita terbiasa dalam membuat program atau memecahkan masalah programming.

Oleh karena itu lebih baik kita sering latihan daripada membaca buku programman yang cepat. Bukan berarti kita tidak boleh menggunakan buku tapi maksud saya adalah mempraktekan dan mempelajari buku itu juga sangat baik.