BELI TANAH ATAU RUMAH, MANA YANG LEBIH BAIK?

Makin viralnya pasar perumahan dalam beberapa tahun ini, tidak sebagian orang memilih membangun sendiri rumah impian. Ada beberapa alasan seseorang memutuskan membeli tanah dan membangun rumah impian dari nol. Selain mendapatkan kepuasan lebih karena dapat mengatur desain rumah sesuai selera dan yang di inginkan, sebagian orang berharap membangun rumah bisa lebih hemat dari pada membeli rumah yang sudah jadi.

Namun, benarkah?

Jika anda sedang berpikir untuk memilik properti, perbandingan membangun rumah atau membeli tanah dengan membeli rumah jadi. Beli tanah atau rumah, mana yang lebih baik?

Harga

Tentu saja harga menjadi faktor pertimbangan penting jika anda di hadapkan dengan opsi beli tanah dan beli rumah. Secara umum, memebeli kavling tanah memang lebih murah di bandingkan membeli rumah, karena pembeli tanah tidak perlu membayar biaya tambahan untuk bangunan. Akan tetapi anda perlu biaya pembangunan rumah yang akan di lakukan nantinya karena membangun rumah sendiri belum tentu lebih murah di bandingkan membeli rumah yang sudah jadi. Apalagi, jika anda tinggal di daerah perkotaan besar harga bahan bangunan dan pekerja bangunan sudah sangat tinggi.

Kesiapan bangunan

Ketika anda membeli rumah yang sudah jadi, rumah tersebut sudah siap di pakai sehingga anda tidak banyak biaya dan waktu untuk konstruksi. menghemat waktu karena tidak perlu mencari lokasi tanah yang cocok untuk pembangunan rumah serta merancang bangunan yang unik. ingin membeli tanah, harus membangun rumah dari awal.

Desain bangunan

Membangun rumah dengan ide dan konsep sendiri tentunya memiliki kepuasan dari pada membeli rumah jadi. Anda bisa mencari tanah dengan luas yang sesuai dengan kebutuhan anda, selain itu desain rumah dapat anda tentukan sesuai ide dan selera agar terlihat unik. Berbeda dengan membeli rumah jadi seperti di perumahan umumnya desain rumah mirip jadi tidak puas untuk menentukan desain sesuai selera sehingga tidak memiliki keunikan.

Kualitas bangunan

Jika anda memutuskan membeli tanah untuk membangun rumah, anda bisa memiliki kreatif untuk menentukan kontraktor dan bahan bangunan untuk pembangunan rumah, selain mengetahui kualitias bangunan, anda bisa lebih hemat biaya karena anda bisa memilih kontraktor maupun bahan bangunan yang lebih murah sesuai budget. Membeli rumah jadi berarti anda tinggal menerima bangunan berdiri tanpa memiliki kendali atas kualitas bahan bangunan.

Masih bingung beli tanah atau rumah?

Jika anda memiliki dana terbatas namun waktu untuk mengurus berbagai aspek yang di perlukan dalam membangun rumah, maka membeli tanah bisa menjadi pilihan anda. Jika anda memiliki dana cukup besar dan termasuk orang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengurus proses pembangunan rumah, lebih baik membeli rumah yang sudah jadi seperti perumahan.

klik sini : rumah murah jember, jual beli property murah jember,tanah murah jember