Benarkah Tanaman Didalam Ruang Kantor Membuat Produktifitas Karyawan Tumbuh 15%.? Wow

Benarkah Tanaman Didalam Ruang Kantor Membuat Produktifitas Karyawan Tumbuh 15%.? Wow…

Salam hangat. Di pembahasan kali ini, kita akan mengetahui seberapa penting sih meletakkan tanaman dalam ruangan kantor, manfaatnya apa saja untuk karyawan, seberapa besar Produktivitas dan manfaat yang akan dirasakan oleh karyawan untuk mendukung kinerja yang lebih baik.

Dan kira-kira jenis tanaman apa saja yang cocok untuk melawan Co2 yang berlebih akibat bakteri jahat yang berterbangan di sekitar kita, sekaligus tanaman apa yang pas dalam kondisi kantor jika tidak memiliki space yang terlalu luas.

Seberapa pentingnya meletakkan tanaman di dalam ruangan kantor.?

Meletakkan tanaman dalam ruangan kantor sangat berguna bukan hanya baik sebagai estetika dalam ruangan namun juga bisa membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu dalam berkerja

menambah mood kamu bahkan mampu mengurangi stres saat bekerja, hal yang tak kalah pentingnya adalah produktifitas kerjamu akan tumbuh sebesar 15%.

Menurut riset yang dilakukan oleh DR. Crish Ksatria dari Exeter University, mengungkapakan produktivitas pekerja akan tumbuh 15% setelah Meja kerja dan ruangan kantornya di hiasi dengan berbagai tanaman.

Selain itu juga untuk menguatkan betapa pentingnya fungsi tanaman dalam meningkatkan kualitas hidup serta kepuasan karyawan adalah, riset yang juga dilakukan oleh Prof. Alex Haslam dari UnQ Shool of Psycology.

Beliau mengungkapkan: penemuan manfaat tanaman hias yang ditaruh diatas meja kantor seharusnya dimanfaatkan oleh para pemilik perusahaan dengan mulai membuat kondisi ruangan kerja lebih hijau yang dihiasi dengan banyak tanaman (jitunews.c).

Selain itu fungsi tanaman yang ada didalam ruangan kantor juga memberikan dampak yang sangat fositif untuk kesehatan fisik serta mental pekerja

karena tananaman pot juga dapat mengurangi rasa kelelahan karyawan, seperti stres, sakit kepala, dan batuk kering.

Hasil dari pengamatan, pekerja yang absen karena sakit diteliti penyebabnya dan ditanya, berapa sering dan banyak mereka melihat tanaman atau hiasan Bunga yang dilihat dalam ruang kerja kantor.?

Dan alhasil, penelitaian yang dilakukan oleh para ilmuan dari Norwegian University of life science & Uppsala University, Swedia yang melibatkan anggota sebanyak 385 orang sebagai responden,

mereka mengatakan: Semakin banyak pekerja yang melihat tanaman diatas Meja kerja meraka, semakin berkurang pula pekerja yang izin meninggalkan pekerjaaan.

Secara psigologis melihat tanaman atau pohon dapat menyegarkan.” Ungkap kepala tim peneliti. Tina Bringslimark.

Baca Juga : Sewa Ruang Kantor Murah Jember

Lalu tanaman apa saja yang cocok dan pas untuk dihias di dalam ruang kerja.?

Setelah paham dengan fungsi tanaman yang ada didalam ruangan kantor diatas, kini kita akan membahas tanaman jenis apa saja yang pas dan cocok dengan ruangan kantor anda.

Saran saya untuk memilih tanaman dalam ruangan pilih tanaman yang tidak membutuhkn Cahaya yang banyak, contohnya tanaman-tanaman seperti Sri rejeki, Sirih Gading, atau bunga Lily serta tanaman-tanaman lainya seperti:

Tanaman Lidah Mertua/Snake plant.
lidah%20m

Saya letakkan diurutan pertama karana tumbahan ini sangat special, bukan hanya cocok didalam ruangan saja namun juga berguna untuk menguruangi polusi udarah yang kotor akibat asap kendaraan di jalanan,

karena tumbuhan ini mampu lebih banyak menyerap Karbon-diokdisida serta Karbon-monoksida yang berlebihan.

Tumbahan yang berbahasa latin Sansevieria dikenal juga dengan tusuk gigi gajah dan juga disebut tanaman ular sedikitnya memberikan empat manfaat untuk kesehatan kita antara lain.

  • Membersihkan polusi udarah ynag tercemar,
  • Tidak hanya menyerap Karbon-dioksida dan Karbon-monoksida yang berlebih, namun juga bisa menghasilakn oksigen sehingga memberikan kualitas udarah yang segar.
  • Dapat menyerep Racun yang dan melepas oksigen keudarah sehingga bisa mengurangi alergen/ hal-hal lain penyebab alegri udarah.
  • Sebagai pelindung di dalam ilmu topografi china atau dikenal dengan fengsui, dengan penempatan yang ideal dan pas bisa memberikan energy pelindung. Dalam ilmu fengsui tanaman yang runcing seperti halnya lidah mertua bisa melawan energy (QI) negative.

Sirih Gading (Devi’s Ivy/Golden photos).
sirih%20gading2

Tanaman yang berbeda nama disetiap daerah ini sepeti lolo Gading/tali dari (Sunda)/Jalu mampang,sulang dari (Jawa)/dan samblung dari (Bali) dikenal dengan nama latin Epipremnum Aureum.

Tanaman ini juga berfungsi untuk menyerap racun-racun yang ada diudarah, sangat baik baik untuk diletakkan didalm ruangan kantor. Selain tangkainya yang merambat serta daunya yang kekuningan, membuat dinding-dinding kantor anda semakin cantik.

Tumbuhan lidah buaya atau Aloe Vera.

Banyak sekali manfaat dari tumbuhan Lidah buaya. Tumbuhan yang sudah dikenal sejak era bangsa mesir kuno 1500 SM silam, mengunakan daun Lidah buaya sebagai obat, mereka juga mengungkapkan kalua daun Lidah buaya adalah tanaman abadi.

Bahkan penelitian menunjukan Lidah buaya juga berkhasiat sebagai obat sakit kepala, obat batuk, obat luka bakar, dan obat batuk anak-anak.

Bahkan tumbuhan yang juga dikenal sejak ribuan tahun lalu didaratan afrika, menyebut tidak hanya sebagai penumbuh rambut dan penyembuh luka, namun juga sebagai perawatan kecantikan.

Namun hal lain juga yang diungkapkan oleh badan penelitian NASA, mengatakan bahwa tumbuhan Lidah buaya juga dikenal sebagai penyerap polutan yang ada didalam ruangan yang ditimbulkan oleh racun salah satu senyawa formaldehid.

Sri Rejeki atau Aglaonema.
sri%20rejeki

Tanaman yang satu ini tentu tidak asing lagi bagi pecinta tanaman hias Sri Rejeki atau kata latinya Aglonema Crispum.

Tanaman ini termasuk dari jenis tumbuhan berjenis Aglaonema, yang tumbuh didaerah Tropis seperti Indonesia, Filifina, Malaysia, dan negara Asia lainya.

Tanaman ini juga terbukti ampuh melawan berbagai polutan, sebagaimana yang telah diungkapkan oleh beberapa peneliti

jika tanaman Sri Rejeki di kombinasikan dengan tanaman Lidah buaya akan sangat ampuh menggantikan fungsi AC didalam ruangan kantor

bahkan kombinasi keduanya bisa menetralkan polusi yang disebabkan oleh asap rokok.

Pohon Palem
palem

Masyarakat umum tentu tidak asing dengan pohon palem, pohon ini sangat banyak dijumpai di pelataran rumah, bahkan jalan double W di komplek perumahan sebagai penyejuk juga penghias jalan-jalan agar terlihat lebih rapi.

Begitupun dengan Gedung-Gedung perkantoran sangat bagus jika ditempatkan diruang rapat karena berfungsi menyerap CO2 dengan menghasil O2 yang lebih segar sehingga baik untuk pernafasan.

Baca Juga : Sewa Ruang Kantor Murah Jember

Bunga Lily (Spathiphyllum)

Bunga yang putih bersih sama halnya kuncup tulip, tumbuh tegak dengan warna daun yang hijau pekat.

Tanaman ini sangat pas jika diletakkan di Meja kantor, karena sangat baik untuk memberikan asupan oksigen yang sangat segar, serta membangkitkan mood anda ketika melihatnya dipagi hari, bunganya sangat terlihat lembut dan cantik.

Dan tentunya masih banyak lagi tanaman-tanaman yang cocok di letekakan di dalam ruangan kantor seperti Heart Leaft Philodendron, Dragon tree, Bunga Krisan, Spider Plant,Pakis Bostos, Dan Bunga kakts , yang sangat ampuh dan mujarab dalam memperbaiki kualitas udarah di dalam ruangan kerja anda
images

sehingga produktifitas dalam bekerja menjdi hal yang tak mustahil didapat.

Jika dari anda punya saran bunga apa saja yang cocok untuk di letakkan dalam ruangan silahkan isi komen dibawah ini ya.

Semoga bermanfaat