BERAGAM BUSANA MUSLIM PRIA & AKSESORIESNYA

toko-busana-muslim

#1

Dalam berbusana muslim kebanyakan orang pasti akrab dengan citra wanita muslim dengan berbagai macam motif busana muslim dan aksesories pelengkapnya. Sekarang berbagai macam aksesories juga tersedia bagi kaum pria tapi juga tetap harus mengikuti aturan berpakaian sederhana. Biasanya seorang muslim sering mengenakan pakaian khas daerah mereka yang bervariasi tapi tetap sopan dalam pakaian islami.
Hal yang harus kita ingat bahwa ajaran islam tentang kesopanan ditujukan setara kepada pria dan wanita, menurunkan pandangan dan menjaga kerendahan hati. Semua telah diperintahkan di Al-Quran untuk manusia. Banyak baju islami tradisional yang sederhana, longgar dan panjang menutupi aurat.
Berikut ini berbagai macam busana muslim dan item/aksesories untuk pria di berbagai negara

  1. Thobe
    Jubah panjang atau gamis yang di pakai oleh pria muslim. Bagian atas biasanya seperti kemeja dan juga biasanya bewarna putih. Thobe disebut juga dishdasha (kuwait) atau kundara (unit emirat arab)

  2. Ghutra dan Igal
    Ghutra adalah syal persegi atau di Indonesia sering kita sebut dengan surban. Biasanya berwarna putih dan juga da yang bercorak kotak kotak dengan kombinasi merah putih ataupun hitam putih, sedangkan di negara lain ghutra disebut dengan shemagh atau kuffiyah. Biasanya ghutra di kombinasikan dengan igal atau egal berupa ikat tali berwarna hitam.

  3. Bisht
    Bisht adalah jubah atau gamis yang dipakai sebagai tambahan thobe. Biasanya jubah atau gamis ini dipakai oleh kalangan pemerintah kerajan arab atau petinggi agama dan juga di pakai di acara khusus seperti pernikahan atau hal kenegaraan

  4. Shalwar Kameez
    Shalwar Kameez atau sering dikenal dengan sebagai baju Pakistan di Indonesia. Gamis Pakistan kebanyakan di pakai di india dan Pakistan. Kameez adalah atasan tunik yang panjangnya sampai lutut atau di atasnya di kombinasikan dengan Shalwar yakni celana.

  5. Sirwal
    Sirwal adalah celana putih yang panjangnya di atas mata kaki. Biasanya sebagai dalaman thobe atau dipakai sehari hari bahkan dapat dipakai sebagai piyama. Panjang dari celana sirwal mengikuti Sunnah yang ini diatas mata kaki dan sekitar pertengahan betis orang.

  6. Turban
    Turban adalah kain persegi panjang atau aksesories kepala yang biasanya dililitkan, terkadang juga ada yang dililitkan diatas kopyah. Turban umumnya dipakai oleh pria di daerah asia selatan dan tenggara, afrika utara dan daderah lainnya.

  7. Izar
    Izar adalah kain lebar yang menyerupai sarung dililitkan di pinggang, izar terkenal di daerah yaman, uni emirat arab, oman dan asia selatan.

Itulah beberapa busana muslim dan aksesories bagi kaum pria di berbagai negara dengan nama berbeda di setiap negara, fungsinya sama untuk menutup aurat dan meningkatkan ibadah kita. Sekarang semua sudah tersedia di toko busana muslim.

source : toko busana muslim jember


#2

mantap bosku infonya… kalau ada gambar busana muslim juga lebih mantap…
apa juga ada ya busana muslim semacam itu dijual di toko busana muslim indonesia ?