Bingung Cara Membaca Hasil Tespek? Begini Caranya!

Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan yang baru saja menikah. Mengapa? Sebab kehamilan menandakan bahwa anda akan punya anggota keluarga baru. Untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak, bisa dengan cara instan, yakni dengan tespek. Tespek merupakan alat untuk mengetes kehamilan dengan cara mengambil sedikit air kencing dan tespek akan langsung memberikan jawaban apakah anda hamil atau tidak.

Source: Honestdocs

Namun, pada kenyataannya masih banyak yang bingung akan hasil tespek. Tidak jarang banyak calon ibu hamil yang melihat tespek cenderung memberikan hasil samar sehingga memberikan jawaban yang tidak pasti. Lalu bagaimana sih prosedur dalam membaca tespek? Yuk kita cek di bawah:

Prosedur Membaca Tespek

  1. Sediakan sampel urin untuk diletakkan pada wadah tespek. Ada baiknya anda mengambil tespek pagi sebab urin pada pagi hari mengandung beta hCG tertinggi sehingga memberikan hasil sampel urin terbaik untuk dites.
  2. Kemudian anda bisa membuka tespek kehamilan.
  3. Lalu pegang strip secara vertikal, kemudian letakkan sampel urin secara hati-hati.
  4. Setelah itu, anda bisa mengangkat strip setelah 10 detik untuk kemudian dibaringkan ke alas datar yang bersih, kering, dan permukaan yang tidak menyerap.
  5. Terakhir, anda bisa menunggu garis berwarna muncul hingga 5 menit ke depan. Dengan begitu hasil tespek akan lebih akurat.

Cara Membaca Hasil Tespek

Hasil Positif

Tespek akan memberikan garis 2 berwarna merah, garis paling atas (garis kontrol) dan garis paling bawah (garis yang menunjukan hormon hCG). Namun hasilnya juga bisa samar-samar, tergantung dari konsentrasi hormon.

Hasil Negatif

Hanya terlihat 1 garis merah, yakni pada bagian atas, yakni garis kontrol, yang cukup dekat dengan bagian yang kita pegang saat mencelupkan tespek ke dalam urin. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada hormon beta-hCG sehingga bisa dipastikan kehamilan belum terjadi.

Hasil Invalid

Invalid artinya tespek tidak bekerja sebagaimana semestinya dan hasilnya sama sekali tidak bisa dijadikan patokan. Hasil ini ditandai dengan tidak adanya garis merah yang terdapat pada tespek yang diartikan sebagai garis kontrol.

Sumber: Honestdocs