Busana Muslim Itu Indah


Busana muslim merupakan pakaian atau busana yang dipakai semua umat islam yaitu laki-laki (muslim) maupun perempuan (muslimah). Busana muslim bertujuan untuk menutup aurat yang tidak boleh dilihat (haram) oleh orang lain yang bukan mahramnya (lawan jenis). Busana muslim bukan hanya dipakai untuk keperluan kegiatan atau acara keagamaan seperti sholat, hajatan dan sebagainya. Namun busana wajib harus dipakai oleh setiap umat islam dalam setiap aktivitas sehari-hari.
Di Indonesia yang mayoritas beragama islam dalam perkembangan model busana muslim sangatlah meningkat pesat, sehingga banyak orang yang berminat membeli baju busana muslim ataupun hanya sekedar mencari-mencari saja. Maka dari itu dengan permintaan tersebut kita harus memahami busana muslim yang baik menurut islam supaya tidak salah dalam berbusana muslim atau menyimpang dari tujuan berbusana muslim. Nah berikut adalah beberapa macam busana muslim yang perlu anda ketahui, sebagai berikut:

  1. Gamis Syar’i
    Baju muslim seperti jenis ini yang dianggap benar untuk aturan berpakaian muslim karena baju gamis berbentuk longgar dan panjang sehingga tidak menunjukkan lekukan tubuh sama sekali. Muslim di Indonesia juga menyebutnya dengan sebutan jubbah karena bentuk bajunga panjang sampai ke bawah lutut, berlengan panjang seperti yang dikenakan oleh orang arab, padri atau hakim. Ada beberapa syarat wajib busana muslim syar’i sebagai berikut:
    • Menutup aurat secara sempurna
    • Tidak transparan (tidak tipis)
    • Tidak memperlihatkan bentuk tubuh (tidak ketat)
    • Tidak berlebihan (bukan tontonan)

  2. Baju Taqwa
    Baju taqwa biasnaya identik dengan busana muslim laki-laki, ciri-cirinya berkerah, berdiri, dan berkancing. Sebutan baju koko ialah plesetan dari orang betawi jaman dahulu. Tidak sama yang disampaikan oleh orang jawa pakaian koko juga disebut dengan baju taqwa, baju ini bermula pakaian dari tradisional jawa keratin yang dipakai oleh sunan kalijaga yang awal nama pakaian sujan beliau menggunakan pakaian ini untuk berdakwah serta mempopulerkannya dengan sebutan baju taqwa. Oleh sebab itu identik dengan baju muslim yang digunakan busana muslim laki-laki.

Klik juga: baju muslim jember, baju gamis murah jember

  1. Peci
    Orang Indonesia sering menyebutnya kopiah, songkok, atau peci. Penutup kepala berwarna hitam ini berasal dari turki dan thabusy dari maroko dan hingga sekarang tumbuh menjadi penutup kepala tradisional orang melayu di Indonesia. Peci sangat terkenal di asia tenggara yaitu bagi pemeluk agama islam atau orang muslim bahkan hingga menjadi identitas berpakaian seorang muslim. Peci merupakan penutup kepala yang resmi saat mengadiri upacara-upacara formal seperti adat pernikahan, shalat jumat, perayaan keagamaan dan menyambut hari kemenagan (idul fitri dan idul adha) serta upacara yang berkaitan dengan islami. Selain itu juga peci digunakan sebagai tambahan aksesoris menghadiri pertemuan-pertemuan tertentu dan menjadi identitas pejuang kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dikarenkan para tokoh-tokoh utama mengenakannya sebagai identitas Negara.

  2. Sarung
    Sarung merupakan sepotong kain lebar yang pemakaiannya dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian bawah tubuh dan biasanya berbentuk pipa atau tabung. Pengertian berbentuk pipa atau tabung adalah dasar dari kain sarung yang berlaku di daeraha Indonesia dan Negara-negara yang sepaham dengan konsep ini sedangkan pemahaman tentang sarung yang pemakainnya dibebatkan pada pinggang yaitu istilah busana internasional. Kain sarung dibuat berasal dari bahan katun, polyester atau sutera. Sarung tidak hanya dipakai pada saat resmi seperti ibadah, upacara atau pakaian adat tertentu, sarung juga bisa digunakan untuk santai di rumah.