Cara Beli Rumah Baru dengan Modal Minim

Cara Beli Rumah Baru – rumah saat ini menjadi investasi yang diburu banyak orang. Ya, kebutuhan akan rumah sekarang sudah tidak hanya sebagai suatu kebutuhan tempat tinggal saja, namun juga sudah mulai banyak yang membeli rumah yang dijadikan sebagai investasi yang sangat menguntungkan. Berbeda dengan mobil atau barang-barang yang lainnya, rumah atau barang properti yang lainnya akan semakin bernilai jual tinggi di kemudian hari.

Maka dari itulah banyak orang yang sangat ingin sekali membeli rumah sekalipun modal yang mereka punyaipun juga sangat sedikit. Bahkan ada yang sampai nekat hutang sana sini hanya demi bisa mendapatkan rumah atau tanah. Jika dihitung-hitung, memang hal itu tidak salah dalam rangka investasi yang menjanjikan. Hanya saja, sekarang ada cara yang lebih mudah, aman dan tidak ribet yakni membeli rumah melalui developer rumah. Dengan melalui developer rumah ini, anda bisa mendapatkan rumah yang anda inginkan dengan system cicil dalam jangka waktu yang cukup lama. Cukup mudah bukan?

Terlepas dari system yang saat ini banyak ditawarkan, ada hal-hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin membeli rumah, yakni tips beli rumah baru dengan system yang aman. Jangan sampai anda mendapatkan rumah yang tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Atau ada banyak permasalahan yang ada dalam proses pembelian rumah tersebut.

Cara Beli Rumah Baru

Setidaknya ada tiga tips yang bisa anda aplikasikan ketika anda ingin beli rumah, diantaranya ialah sebagai berikut.

Lokasi Rumah

Ketika mengecek ini memang ada cukup banyak hal yang bisa anda lihat mulai dari desain rumahnya yang akan dibangun seperti apa, berapa ukuran rumahnya, material yang digunakan apa saja, bagaimana akses jalan ke rumah tersebut, bagaimana jarak dengan fasilitas umum, dan tentunya juga harga yang ditawarkan oleh developer atau kontraktor perumahan itu.

Beberapa hal itu perlu anda lakukan diawal sebelum anda benar-benar tertarik untuk membeli rumah. Untuk langkah awal ini anda tidak perlu, mendatangi lokasi secara langsung karena biasanya developer sudah memberikan penjelasan baik lewat pamphlet maupun lewat website mereka.

Pilih Pengembang

langkah kedua ialah dengan melihat lebih jauh developer yang menawarkan hunian yang akan anda beli tersebut. Pastikan bahwa developernya benar-benar professional dan jelas rekam jejaknya. Dengan memilih developer yang pasti tersebut dharapkan juga akan melayani setiap konsumen dengan professional. Jika perlu anda juga melihat legalitas perusahaannya, serta izin usahanya.

Untuk menyakinkan lagi anda bisa melihat portofolio perusahaan apakah pernah terlibat dalam project yang sama sebelumnya. Informasi tersebut biasanya bisa anda dapatkan pada website resmi developer yang bersangkutan. Jika memang tidak ada, anda bisa meminta secara langsung kepada developer yang bersangkutan.

Kontrak Jelas diawal

Ya, maksudnya ialah bahwa ketika anda sudah cocok dengan rumahnya dan developernya, maka anda perlu melakukan perjanjian di awal secara jelas dan berkekuatan hokum. Alangkah baiknya jika berjanjian kerjasama tersebut dilakukan hitam di atas putih. Hal ini untuk mengantisipasi kaitannya dengan permasalahan yang mungkin terjadi sehingga bisa dijadikan menjadi rujukan bersama. Dalam perjanjian itu, ada banyak hal yang bisa anda jabarkan mulai dari harganya, material yang digunakan, desainnnya, cara membayarnya, fasilitas pendukung yang diberikan, serta garansi yang diberikan oleh pihak developer.