Cara Berhenti Membuang-buang Waktu dalam Mengerjakan Tugas


#1

Kalian mungkin sering malas dan sering membuang-buang waktu namun ternyata kalian sebenarnya mempuai sesuatu yang harus dilakukan seperti mengerjakan tugas, atau melakukan pekerjaan: hal yang paling sulit adalah termotivasi untuk melakukan semua hal tersebut.

Dengan semakin penting tugas yang anda miliki, maka semakin anda takut untuk memulai tugas tersebut karena takut gagal dalam hal tersebut. Salah satu trik mengatasi hal ini adalah dengan melakukan teknik sederhana seperti meditasi.

Dalam thread yang dibuat di Reddit, Edward dan Jessica McCabe berbagi metode yang berbeda untuk menangani gejala ADHD, termasuk dengan mudah mengalihkan perhatian dari tugas. Metode-metode ini bervariasi mulai dari pengobatan dan perubahan gaya hidup hingga teknik mental sederhana, seperti yang digunakan Edward untuk termotivasi untuk memulai suatu tugas. Begini cara kerjanya:

  1. Duduklah dalam posisi yang nyaman.

  2. Bayangkan memulai tugas.

  3. Bayangkan setiap langkah.

  4. Ulangi dari awal hingga akhir.

Seperti meditasi, triknya adalah menangkap ketika pikiran Anda mengembara/pergi kemana-mana, dan dengan meditasi tersebut anda dapat dengan lembut menariknya kembali. “Biasanya ketika saya harus melakukan sesuatu yang tidak saya sukai, maka otak saya akan menjauh dan mencoba memikirkan hal lain,” kata Edward. “Jadi saya mengambil nafas dan mulai lagi dari atas.”

Apakah Anda berurusan dengan ADHD atau tidak, ini adalah cara/trik yang baik untuk memecah tugas. Dan seperti yang telah kami katakan berkali-kali, dengan melakukan langkah meditasi diatas kalian dapat merasakan tingkat kesulitan tugas tersebut yang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan