Cara Download dan Install Driver Windows Secara Manual


#1

Mungkin kalian baru saja Install ulang Windows karena mengalami masalah seperti terjangkit virus, system corrupt, atau mungkin tidak bisa masuk ke Windows.

Nah Setelah anda Menginstall ulang mungkin ada yang aneh dengan komputer anda seperti tidak adanya suara, tidak bisa main game karena grafis tidak mencukupi padahal sebelumnya komputer anda baik-baik saja sebelum install ulang.

Sebenarnya jika kalian tidak bisa mendengar audio, atau layar grafis komputer menjadi jelek ini karena driver di komputer anda belum terinstall. Dimana hubungan antara Windows dengan Hardware tidak dapat bekerja secara optimal.

Oleh karena itu untuk mengatasi hal seperti ini kita harus menginstall Driver di komputer kita. Caranya adalah sebagai berikut

1. Buka Device Manager

Untuk membuka Device Manager yang harus anda lakukan adalah membuka Control Panel lalu dibagian atas kanan ada tulisan Large Icons lalu klik ke Small icons.
Setelah itu anda akan melihat opsi untuk membuka Device Manager seperti gambar dibawah

Jika kalian tidak ingin repot-repot gunakan saja Search di taskbar dengan mengetik “Device Manager” maka window Device manager akan terbuka dengan mudah.

2. Cari Hardware yang tidak terdeteksi oleh Windows

Untuk mengetahui Hardware mana yang windows tidak dapat jalankan kalian bisa melihat ikon bewarna kuning. Ini menandakan bahwa Hardware tersebut belum diinstal driver dan tidak dapat bekerja dengan semestinya. Ini adalah contoh Hardware belum terinstall oleh Windows

3. Cari Hardware ids Untuk Menginstall Driver yang cocok

Setelah anda menemukan driver mana yang belum terinstall klik kanan pada hardware tersebut lalu klik Properties setelah Itu klik Details

Dibagian Property ganti Device Description ke Hardware IDs seperti gambar dibawah ini

Setelah itu Copy nilai yang paling atas dengan menekan tombol CTRL+C Di keyboard

4. Download Driver

Setelah anda menemukan Hardware IDs yang tidak terdeteksi oleh Windows maka langkah selanjutnya adalah mendownload Driver tersebut untuk nantinya diinstal di komputer kita.

Langkah yang harus dilakukan adalah buka situs https://devid.info Disana kalian bisa mendownload driver secara gratis.

Nah setelah anda membuka situs tersebut masukanlah Hardware IDs tadi ke kolom “Enter Device Id”. Maka nanti akan keluar beberapa versi Driver dengan Sistem Operasi dan Sistem Arsitektur yang dapat kalian pilih sesuai dengan versi Windows kalian.

5. Menginstall Driver

Ini adalah langkah terakhir. Untuk menginstall Driver yang sudah kalian download sekarang kita akan menginstall driver tersebut. Untuk menginstall biasanya ada file yang berekstensi .exe, .msi, .zip atau .rar

Jika file yang kalian download ternyata berkentensi .exe atau .msi maka Instalasi driver akan dilakukan secara otomatis, yang kalian lakukan hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan klik Next, Next. Sampai Finish.

Jika File yang kalian download berekstensi .zip atau .rar kalian harus mengekstraknya terlebih dahulu lalu jika anda menemuka file bereksentensi .exe contohnya setup.exe maka kliklah file tersebut untuk memulai instalasi.

Jika tidak ada file yang bereksentensi .exe atau .msi yang harus kalian lakukan adalah melakukan instalasi secara manual. Caranya dengan mengekstrak file tersebut kedalam sebuah folder lalu buka Device Manager kembali dan klik kanan pada driver yang terdapat ikon kuning lalu klik Update Driver dan selanjutnya klik **Browse my computer for driver software ** lalu klik Browse… dan arahkan ke folder dimana kalian mengekstrak file tadi.

Dan itulah cara menginstall dan mendownload Driver yang tidak terdeteksi oleh windows secara manual, Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan disini.


Penyebab Komputer/Laptop Anda Menjadi Lemot(Lambat)