Cara Memastikan Jika Komputer Kamu Terkena Virus/Malware


#1

Kamu mengalami hal yang aneh saat menggunakan komputer atau laptop kamu misalnya komputer menjadi lambat atau tiba-tiba keluar iklan dimana-mana. Ini adalah salah satu contoh komputer kamu terkena malware atau bahkan virus.

Cara yang paling mudah mengetahui kalau komputer kamu terkena virus adalah melakukan scan dengan Anti-Virus. Tapi jika kamu ingin tahu indikasi-indikasi apa saja yang membuat komputer atau laptop kamu terkena virus maka simaklah ciri-ciri berikut ini:

  1. Komputer Menjadi Lambat
    Ketika komputer kamu terkena Virus, maka komputer akan bekerja menjadi lambat atau bahkan cepat panas. Tapi tidak semua virus dapat menyebabkan komputer menjadi cepat panas, ada juga beberapa virus yang penggunaan memory atau CPU sangat kecil sehingga sulit terdeteksi. Hal yang paling aman adalah melakukan Scan melalui software anti-virus

  2. Tiba-tiba keluar iklan atau terdapat banyak Iklan
    Jika kamu membuka browser contohnya Google Chrome dan tiba-tiba kamu masuk ke sebuah situs, atau mengunjungi situs lain dan terdapat banyak iklan yang menggangu. Ini adalah salah satu contoh bahwa komputer kamu terkena Malware, dimana Malware ini akan mengirimkan iklan dimana-mana sehingga komputer kamu menjadi lambat.

  3. Tidak bisa Masuk Ke Windows
    Banyak orang mengalami hal seperti ini dimana mereka tidak bisa masuk ke Windows, biasanya hanya muncul layar hitam di komputer atau mungkin merestart sendiri. Cara yang terbaik untuk memperbaiki hal ini adalah dengan menggunakan Windows Repair. Lalu setelah kamu dapat masuk ke Windows segera Install Anti-Virus dan mulailah lakukan Scan.

  4. Tidak Bisa Membuka Aplikasi
    Jika kalian ingin membuka browser atau game dan ternyata aplikasi tersebut tidak muncul-muncul walaupun sudah ditunggu beberapa menit. Inilah salah satu indikasi bahwa komputer anda terkena virus dimana bisa saja virus menghapus beberapa file yang ada di folder aplikasi atau mencegah kita untuk menggunakan aplikasi.

  5. Internet Menjadi Lambat / Ada Program yang Menggunakan intenet tanpa alasan yang jelas
    Kamu mungkin bingung kenapa kuota internet kamu cepat habis, padahal kamu tidak browsing hal-hal berat seperti mendownload atau membuka Youtube. Biasanya suatu Malware atau Virus dapat menggunakan internet untuk melaporkan informasi pengguna ke komputer peretas, dimana kita selalu kehabisan bandwith untuk mengirim data-data kita ke mereka.

  6. File/Folder hilang atau file tersebut berubah
    Jika file di komputer kamu tiba-tiba hilang atau namanya berubah, ini bisa jadi komputer kamu terkena virus. Dimana virus tersebut akan mengubah atau mengenkripsi file kamu supaya tidak bisa digunakan. Dalam beberapa kasus ada virus contohnya RansomWare yang dimana mereka meminta tebusan untuk mengembalikan file yang dienkripsi kembali menjadi normal.

Dan itulah beberap indikasi yang memungkinkan bahwa Komputer, Laptop kamu terkena virus atau malware. Cara yang terbaik untuk mencegah adalah menginstall Software Anti Virus atau Anti Malware.