CARA MEMBEDAKAN JANTAN BETINA DOC AYAM BROILER

#1
TERNAK AYAM POTONG JEMBER - Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membedakanan kelamin doc ayam broiler pada saat masih berusia 1-30 hari. Mungkin bagi orang awam yang tidak mengerti ayam akan susah untuk menentukan jenis kelamin secara fisik pada ayam tersebut. Kami mempunyai beberapa tips agar anda lebih mudah untuk mengetahui jenis kelamin bagi anak ayam anda.
Pada umumnya cara praktis orang agar lebih mudah tahu jenis kelamin ayam yaitu menentukan dengan cara mendengarkan perbedaan bunyi suara anak ayam ketika di pegang, ketebalan jengger, kuping telinga, panjang dan pendek badan, cepat atau lambatnya pertumbuhan ekornya. Tetapi dengan catatan cara tadi tidak terlalu akurat untuk ayam yang masih berusia 1 mingguan.
Untuk menentukan jenis kelamin DOC ayam broiler kami berikan teknik yang tepat untuk mengetahui anak ayam betina atau anak ayam jantan. Adapun teknik yang tepat sebagai berikut :

1. Melihat Langsung Kelamin Anak Ayam

Untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam jantan/betina kita harus memeriksa lubang dubur/kloaka/anus langsung dengan mata kita dan membukanya dengan jari kita. jika kita melihat lubang kloaka pada anak ayam terdapat titik kecil yang menonjol berarti anak ayam berkelamin jantan. Namun jika kita melihat kloaka anak ayam tersebut bulat tanpa ada titik dan benjolan berarti anak ayam berkelamin betina. Cara tersebut harus dilakukan pada sianghari atau dilakukan pada tempat yang terang. Untuk lebih mudahnya kita jangan menunggu anakan makin tua karena semakin bertambah usia anak ayam maka kesulitan kita juga akan makin bertambah. Untuk lebih mudahnya anakan yang baru menetas lebih mudah diketahui jenis kelaminnya dan cara semacam ini sangat akurat sekali.

2. Memeriksa Bulu Anak Ayam

Untuk membedakan jenis kelamin anak ayam jantan dan betina kita boleh saja dengan memeriksa melihat langsung sayap anak ayam. Jika kita melihat sayap anak ayam yang kita lihat pasti anak ayam belum mempunyai bulu sayap yang sempurna, namun anak ayam sudah ada sedikit dan sudah mulai tumbuh bulu sayap-sayap baru. Bulu sayap anak ayam dibagi dua (bulu atas dan bulu bawah). Pada ayam dewasa bulu atas bagian bawah lebuh pendek dari pada bulu bawah. Kita harus teliti dan bisa membedakan bulu-bulu tersebut sebelum kita memastikan jenis kelamin anak ayam. Dan untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam kita harus memperhatikan bulu bagian bawah saja, karena perbedaan jenis kelamin anak ayam terletak pada bulu bagian bawah. Bulu anak ayam betina lebih panjang dan lebih banyak dibandingkan bulu anak ayam jantan. kalau begitu mudahkan mengetahui jenis kelamin jantan dan betina…
Image Source:ayamkondang.blogspot.com
Kedua cara diatas sama-sama akurat dan untuk mengetahui jenis kelamin pada anak ayam boleh berpedoman pada cara1 ataupun cara2 bahkan untuk menambah keyakinan boleh dilakukan dengan cara dua-duanya. Semoga bermanfaat tekniknyacara membedakan kelamin pada DOC ayam broiler ya gaes…
0 Likes