Cara Membuat Gorengan Menjadi Lebih Sehat Dan Renyah


#1

Gorengan dikenal karena harganya yang murah dan praktis untuk dibuat, kalian bisa menemukan para penjual menjual macam-macam gorengan mulai di pinggir jalan sampai di warung. Namun ternyata saat ini sangat banyak dijumpai gorengan yang berbahaya, Contohnya gorengan yang dimasak menggunakan minyak yang belum di ganti-ganti sampai warna minyak bewarna hitam.

Bukan berarti semua gorengan yang dijual berbahaya namun untuk mengantisipasi akan bahaya gorengan, lebih baik kita membuat sendiri gorengan tersebut. Ini juga berlaku untuk semua makanan yang di goreng tidak hanya gorengan seperti Fried Chicken atau Telur Ceplok.

Dan iniliah 10 Tips membuat gorengan menjadi lebih sehat.

1. Gunakan Minyak Yang Berkualitas Tinggi

Menggunakan minyak yang sudah kotor, atau sering digunakan akan menghilangkan cita rasa gorengan tersebut selain itu bisa jadi gorengan tersebut sudah tercampur zat-zat yang ada saat terjadi penggorengan (jelantah). Oleh karena itu ganti minyak minimal 3 kali setelah melakukan penggorengan.

2. Gunakan Minyak Yang Banyak Sampai Dapat Menutupi Gorengan

Pernah melihat tukang gorengan menggoreng gorengannnya :smiley: ? pasti kamu sering lihat kalau minyak yang digunakan banyak sampai-sampai semua gorengan tercelup ke dalam. Nah ini adalah cara yang baik untuk membuat lebih renyah, dimana semua bahan-bahan akan mudah termasak secara merata sampai kedalam.

3. Gunakan Tepung Beras Atau Tepung Jagung

Biasanya tepung yang digunakan untuk menggoreng adalah tepung terigu serba guna dimana tepung ini mengandung Gluten yang dapat menyerap banyak minyak. Sehingga membuat gorengan terasa lebih basah dengan minyak. Oleh karen itu gunakan lah tepung beras atau tepung jagung sebagai adonan sehingga membuat gorengan terasa lebih gurih dan lebih kering.

4. Jaga Suhu Saat Menggoreng

Jika memasak terlalu panas, gorengan akan cepat gosong dan membuat gorengan terasa pahit. Maka jagalah suhu memasak agar tidak terlalu suhu tidak terlalu tinggi atau juga tidak terlalu rendah karena akan memakan waktu lama untuk memasak dan menyerap banyak minyak.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Menggoreng menggunakan minyak Zaitun bisa menjaga kualitas dan nutrisi makanan ketika menggoreng. Dibandingkan jenis minyak lain seperti minyak kelapa sawit, minyak zaitun ini lebih stabil di suhu tinggi. Memang minyak Zaitun lebih mahal dari pada biasanya tapi jika kalian ingin gorengan menjadi lebih sehat dan mengandung banyak nutrisi maka gunakanlah minyak Zaitun.

6. Pilih Bahan yang segar dan Berkualitas

Pilihlah bahan-bahan yang segar karena bahan yang sudah busuk atau kurang segar dapat mengurangi cita rasa gorengan tersebut, dan pastikan sebelum digoreng, kamu mencuci bersih terlebih dahulu bahan-bahan gorengan tersebut agar bakteri yang menempel hilang.

7. Tambahkan Baking Soda Dalam Adonan Tepung

Menambahkan Baking soda kedalam adonan tepung dapat membuat gorengan menjadi lebih renyah. Bahkan, dapat membuat gelembung-gelembung gas pada makanan saat digoreng sehingga mengurangi penyerapan minyak. Ini membuat gorengan yang kamu buat jelas lebih sehat.

8. Tiriskan Minyak Sebelum Disajikan

Setelah kamu menggoreng pasti banyak minyak yang menempel di gorengan, cara yang terbaik adalah meniriskan gorengan tersebut agar tidak terlalu banyak minyak dengan menggunakan tisu dapur atau menggunakan saringan. Setelah terasa kering dan hangat maka gorengan sudah siap untuk disajikan