Cara Mengambil Screenshot di Windows Tanpa Software


#1

Pasti anda sering melihat orang memposting screenshot dari komputer mereka ke internet, atau mungkin anda juga ingin melakukan screenshot dari komputer/laptop anda tapi tidak tahu caranya bagaimana.

Untuk melakukan Screenshot di komputer seperti di Windows ternyata caranya cukup sangat mudah, bahkan anda tidak perlu menggunakan software apapun kecuali software bawaan dari Windows itu sendiri yaitu Paint.

Nah tanpa basa-basi lagi ikuti langkah berikut untuk melakukan screenshot di Komputer anda.

1. Pencet Tombol “print screen” di Keyboard

Pastikan anda sedang berada pada Window yang ingin anda lakukan screenshot setelah itu pencet tombol print screen (letaknya di bagian kanan atas keyboard)

tombol print screen bisa berbeda tergantung dari layout keyboard yang anda gunakan biasanya bernama print screen, Prt Sc ataupun Prt Scrn tetapi letaknya sama saja.

2. Paste Hasil ScreenShot tadi ke Paint

Buka aplikasi Paint di komputer/laptop anda, caranya tekan Start lalu ketikan Paint
Setelah terbuka maka Tekan CTRL + V pada blank page di paint, maka secara otomatis Screenshot yang anda inginkan akan muncul di aplikasi paint

3. Save Screenshot

Anda juga mengedit ukuran atau mengcrop layar mana saja yang ingin anda tampilkan di sana, setelah selesai Tekan CTRL+S di keyboard, maka akan muncul save window.

Beri nama file yang anda inginkan dan bentuk file yang ingin anda simpan (png, jpeg, jpg) setelah selesai klik
Save

Nah begitulah cara melakukan Screenshot di Windows dengan mudah, bahkan tidak sampai 30 detik anda dapat menghasilkan screenshot layar desktop komputer anda dengan jelas tanpa perlu men-download software apapun