Cara Mengetahui Nama Template/Tema Blogger yang Digunakan Orang Lain

blogger

#1

Halo, kali ini saya akan memberi tahu kalian bagaimana caranya mendapatkan nama Template/Tema dari suatu blog yang menggunakan platform blogger atau blogspot. Sebelumnya saya juga pernah membahas bagaimana caranya melihat Tema yang di gunakan di platform Wordpress, kalian bisa baca artikelnya disini : Cara Mengetahui Theme/Template Wordpress Milik Orang Lain

Nah kalian mungkin ada yang penasaran dengan blog yang ternyata memiliki template yang keren dan responsif. Dan bertanya-tanya, apa sih nama template yang mereka gunakan?
Untuk menjawab hal itu kita harus terlebih dahulu mengetahui apa platform blog yang mereka gunakan, Wordpress atau Blogger.

Biasanya ada tulisan di bagian footer (bawah) blog yang memberi tahu platform apa yang mereka gunakan, contohnya : Powered By Blogger maka ini artinya blog tersebut dibuat dan di hosting menggunakan blogger. Jika anda beruntung mereka juga biasanya memberi tahu apa nama template/tema yang mereka gunakan.

Namun karena ada beberapa blog yang sengaja menyembunyikan nama template yang mereka gunakan maka anda harus mengakalinya terlebih dahulu dengan mencari source code dari halaman tersebut.

Pastikan CMS blog yang mereka gunakan adalah Blogger

Seperti yang saya sudah jelaskan diatas, cari tahu terlebih dahulu platform apa blog yang ingin anda ketahui templatenya… Apakah Blogger, Wordpress, atau yang lainnya.

Caranya bisa dengan melihat informasi di bagian footer, atau kalian bisa mengunjungi situs https://whatcms.org

Jika sudah diketahui bahwa mereka menggunakan CMS Blogger sekarang kita tinggalmendeteksi apa nama template yang mereka gunakan

Mendeteksi Template Blogger

Ok, Setelah kita yakin bahwa blog yang digunakan adalah Blogger sekarang saatnya kita mendeteksi apa nama Template yang mereka gunakan

  1. Langkah pertama buka Blog yang ingin anda ketahui templatenya
  2. Tekan “CTRL+U” Di Keyboard atau bisa juga menggunakan mouse caranya dengan klik kanan pada mouse lalu klik “View Page Source”
  3. Setelah itu akan muncul window yang menampilkan source code dari blog tersebut.
  4. Pencet “CTRL+F” Lalu ketikan Template atau Theme lalu tekan Enter
  5. Maka nanti akan muncul informasi Nama blog dan Pembuat blog tersebut seperti gambar dibawah

Blogger%20Template

Nah Seperti yang bisa kalian lihat diatas, Nama Template yang mereka gunakan adalah Fansmagz. Jika kalian ingin menggunakan template yang sama maka silahkan cari template tersebut di Google atau Bing.