Cara Menghapus Virus Android Tanpa Harus Factory Reset


#1

Desktop bukan satu-satunya perangkat yang hanya dapat disisipi virus. Meskipun jarang terjadi, perangkat Android juga dapat menyimpan malware.

Mungkin ada saran dari teman Anda untuk melakukan penyetelan ulang pabrik (factory reset) agar dapat menyingkirkan virus tersebut, tetapi itu berarti Anda kehilangan semua data yang anda di perangkat Android Anda. Foto Anda, simpanan permainan, pesan teks, dan yang lainnya akan hilang jika Anda tidak mencadangkannya. Tentunya, pengaturan ulang pabrik harus menjadi opsi terakhir Anda.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menghapus virus ponsel tanpa mengembalikan pabrik? Mari kita cari tahu.

Apakah Ponsel Android Benar-benar Terkena Virus?

Sering kali, ketika orang mengira mereka memiliki virus di perangkat Androidnya, Misalkan ponsel Android Anda crash setiap kali dihidupkan. Atau mungkin Anda tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store. Ini tidak selalu disebabkan oleh virus. Jadi jangan panik, Untuk mengatasi hal tersebut silahkan hapus cache dan memory di menggunakan Aplikasi cleaner bawaan dari ponsel anda.

Namun masalah tersebut berbeda dari kasus diatas, coba perhatikan beberapa pertanyaan berikut ini:

  1. Apakah masalah mulai terjadi setelah Anda mengunduh beberapa aplikasi atau file?
  2. Apakah Anda baru-baru ini mengalihkan aplikasi dari sumber pihak ketiga (di luar Play Store)?
  3. Apakah Anda menekan iklan yang mengunduh file atau aplikasi yang tidak Anda inginkan?
  4. Apakah masalah hanya terjadi ketika Anda menjalankan aplikasi tertentu?

Jika jawaban untuk hal-hal di atas adalah ya, ada kemungkinan Anda memiliki malware di sistem Anda.

Gunakan Aplikasi Penghapus Virus Android

Play Store adalah rumah bagi puluhan aplikasi penghapusan virus di Android. Namun, kebanyakan dari mereka cukup serakah dan ingin Anda membayar untuk fitur yang tidak Anda butuhkan. Namun, ada beberapa aplikasi penghapus antivirus yang dapat anda gunakan secara gratis.

Dan jika Anda merasa smartphone telah terinfeksi dengan malware Android, tidak ada salahnya untuk menginstal salah satu aplikasi dan scanner anti virus di bawah ini.

1. Malwarebytes


Salah satu nama paling tepercaya dalam keamanan desktop, Malwarebytes juga menyediakan aplikasi Android. Versi gratis memindai ponsel Anda untuk malware dan menghapus ancaman apa pun yang ditemukannya. Aplikasi ini juga tidak memiliki iklan namun ada beberapa fitur yang harus anda bayar setiap bulan untuk memiliki fitur-fitur premium seperti real-time scanning.

Download aplikasinya di: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.malwarebytes.antimalware

2. Bitdefender Antivirus


Bitdefender adalah salah satu aplikasi penghapusan virus terbaik lainnya, terutama karena ringan. Pemindaian awan Anda masih akan melihat iklan untuk upgrade ke versi yang lengkap, tetapi jika Anda dapat mengabaikannya, ini adalah aplikasi bagus untuk pemindaian virus Android cepat.

Download aplikasinya di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bitdefender.antivirus