Cara Menghentikan Kebiasaan Berkata Kasar atau Mengumpat


#1

Mengumpat atau berkata kasar adalah pelampiasan seseorang untuk mengatasi amarah sehingga dapat mengurangi rasa sakit, serta meningkatkan empati. Tapi ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan berkata kasar bahkan tidak merasa bahwa dirinya dapat menyinggung perasaan orang lain.

Selain itu mengumpat juga akan membuat seseorang merasa kecewa pada dirinya sendiri, dan memiliki konflik batin di dalam hatinya karena secara harfiah mengumpat adalah hal yang sangat buruk

Oleh karena itu untuk mengatasi kebiasaan seperti ini, maka simaklah trik trik dibawah ini

1. Sadar pada diri sendiri bahwa kamu sering mengumpat/berkata kasar

Ketika kamu sadar bahwa kamu termasuk orang yang sering mengumpat, maka ambilah waktu sejenak untuk merenungkan dan mempertimbangkan hal yang kamu setiap kali kamu lakukan tersebut. Lihat reaksi orang-orang yang merasa bahwa perkataanmu ternyata dapat menyakiti hatinya dan membuat mereka menjadi tidak suka padamu.
Dengan begini kamu dapat mempertimbangkan kembali sebelum berkata kasar.

2. Gunakan uang sebagai hukuman jika kamu mengumpat

Siapkan sebuah celengan yang dimana celangan ini digunakan untuk mendonasikan uang tersebut.

Jadi jika kamu berkata kasar maka kamu harus memasukan uang ke celengan tersebut misalnya dengan nilai minimal Rp5000 setiap kamu mengumpat. Kamu tidak boleh mengambil kembali uang tersebut karena sudah berjanji untuk mendonasikannya jika kamu berkata kasar.

3. Beri hukuman fisik jika kamu mengumpat

Selain membuat hukuman fisik kamu juga bisa menghukum dirimu dengan melakukan hukuman fisik pada dirimu sendiri. Memang terlihat kasar dan menyakitkan tapi sebenarnya hanya lakukan hukuman fisik yang ringan seperti menampar tanganmu ketika kamu berkata kasar atau mencubit diri sendiri ketika kamu melakukannya.

4. Bayangkan orang yang kamu sayangi atau kamu takuti berada di dekatmu

Dengan membayang orang-orang yang kamu sayangi atau kamu takuti berada di sekitarmu ketika ingin berkata kasar maka otomatis dirimu akan memberi sugesti untuk takut melakukan hal tersebut.

5. Jauhi teman-teman dan media yang membuatmu mengumpat

Salah satu hal yang membuat dirimu berkata kasar adalah pengaruh lingkungan, mulai dari media sampai teman dekat. Cobalah untuk membiasakan diri kepada temanmu untuk menggunakan bahasa yang halus sehingga otomatis dirimu dan temanmu akan melakukan hal yang sama.

Selain teman media juga dapat mempengaruhi kamu untuk berbuat kasar, maka hindarilah situs-situs atau hal lainnya yang mengandung kata-kata kasar.

6. Gunakan kata lain sebagai Pengganti kata kasar

Ubahlah kata-kata kasar yang ingin kamu ucapkan menjadi sesuatu yang aneh atau terlihat lucu. Jika anda tidak sengaja mengucapkan kata kasar sekalipun, ulangi kalimat dengan mengganti kata kasar yang terucap tadi. Maka otak akan perlahan membiasakan diri.


#2

Tapi ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan berkata kasar bahkan tidak merasa bahwa dirinya dapat menyinggung perasaan orang lain.
Kaka mau nanya kenapa bisa sampai orang" ini tidak merasa bhwa dirinya dapat menyinggung orng lain??


#3

Biasanya orang seperti itu sudah sering melakukan kebiasaanya tanpa ada orang yang menegurnya sehingga merasa hal yang dilakukannya adalah hal biasa.

Contohnya ketika seseorang udah terbiasa berkata kasar kepada temannya dan temannya pun tidak menghiraukannya bisa jadi hal tersebut menjadi kebiasan ketika ia berbicara kepada orang lain dan merasa hal itu adalah hal yang biasa dan tidak menyimpang.

Berikut adalah kutipan dari Paradoks toleransi:

Toleransi tak terbatas akan memicu hilangnya toleransi. Apabila toleransi tak terbatas juga diberikan kepada kelompok intoleran, apabila kita tidak siap mempertahankan masyarakat toleran dari serbuan kelompok intoleran, maka kelompok toleran akan hancur bersama toleransi itu sendiri.

Intinya adalah jika suatu masyarakat mentoleransi suatu hal yang dilakukan oleh seseorang sehingga dapat menjadikannya sebagai kebiasaan maka orang tersebut akan menganggap bahwa yang dilakukannya tidaklah salah sehingga ia akan terus melakukannya.

Jadi jika kamu masih ketemu orang yang tidak sadar bahwa dirinya menyinggung orang lain, sangat disarankan untuk menegurnya dan mengatakan bahwa perkataanya tersebut dapat menyakiti perasaan orang lain sebelum sikap mereka menjadi kebiasaan


#4

Malam kak, mau nanya lagi😀, kalo menurut kaka masyarakat kita ini skarang sudah cukup tolerans? Dalam lah berkata kasar kak? Dan “soal kelompok toleran akan hancur bersama toleransi itu sendiri” menurut kakak apakah masyarakat kita sudah sampai pada titik ini? Makasiiih