Cara Menghilangkan Penat Saat di Kantor

olahraga-ringan-di-kantor

Tempat kerja merupakan suatu aktivitas yang sehari-hari dilakukan di sebuah perusahaan atau sebuah kantor. Kantor adalah sebuah tempat yang digunakan untuk perusahaan melakukan kegiatan secara rutin. Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan struktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan di tunjukkan untuk meningkatkan kebugaran jasmaninya. Masalah sering terjadi di tempat kerja yaitu kecapekan dengan posisi duduknya terkadang kurang pas atau nyaman. Jika perusahaan ingin pekerjanya bugar maka diselang istirahat lakukan streaching atau pemanasan ringan agar supaya pekerja menjadi fresh untuk bekerja kembali dan jangan lupa juga istirahat untuk makan hehe…
Beberapa gerakan kecil/pemanasan untuk merilekskan badan saat bekerja di kantor:
  1. Bolak-Balik Duduk-Berdiri
    Sebagai langkah awal pemanasan, anda tinggal bolak-balik ganti posisi dari duduk ke berdiri terus menerus tapi tanpa bantuan tangan. Badan tegak dan usahan bahu dibuka lebar dan perlahan mencoba lakukan bolak-balik tersebut (duduk-berdiri) lakukan 5 – 10 kali.

  2. Putar-Putar Bahu
    Duduk dalam posisi tegak, Tarik nafas teggakkan badan dan muka fokus kedepan. Tahan sebentar kemudian lepaskan jatuhkan dan gelengkan kepala perlahan seperti mengatakan yaa dan tidak.

  3. Putar Badan
    Duduk dalam posisi tegap. Muka fokus menghadap ke depan, tangan kedua-duanya diangkat setinggi dada (tangan mengenggam) lalu goyangkan badan ke kanan dan ke kiri (lakukan 8 kali kanan dan kiri).

  4. Peregangan Punggung
    Duduk dalam posisi tegap di pinggir kanan atau kiri kursi (senyaman mungkin). Selonjorkan kedua kaki ke depan anda, kemudian turunkan badan untuk meraih jari-jari kaki kanan atau kiri tahan selama 10-20 detik. Perlahan kembali ke posisi awal turun lagi gantian meraih sisi berikutnya.

  5. Peregangan kaki
    Duduk bersandar di kursi dengan kedua tangan peluk dan Tarik salah satu kaki ke atas menyentuh dada tahan selama 10-20 detik lakukan bergantian 8 kali masing-masing.

  6. Peregangan badan atas
    Duduk tegap di kursi, angat tangan ke atas kepala dan luruskan saling merapatkan. Miringkan tubuh bagian kiri dan tangan keduanya mengikuti tahan posisi selama 10-20 detik. Lakukan secara bergantian.

  7. Peregangan leher
    Duduk tegap di kursi, angkat tangan ke atas kepala dan luruskan kemudian dengan tangan kanan Tarik perlahan ke arah bahu menghadap kanan tahan posisi selama 10-15 detik lalu lakukan secara bergantian.
    Adapan tips lain menjaga agar bekerja tetap fresh dan bugar di kantoran, nah ini beberapa aktivitas ringan yang cocok dilakukan di tempat kerja:
    • Pilih tangga bukan lift, karena berjalan menaiki tangga dapat membuat lebih aktif di kantor
    • Parkir mobil lebih jauh dari biasanya, karena berjalan kaki dapat membakar kalori. Emakin jauh jarak semakin besar kalori yang di bakar.
    • Berdirilah sesering mungkin karena berdiri dapat membakar kalori lebih banyak daripada duduk
    • Jika jarak rumah dekat dengan kantor sebaiknya berjalan kaki atau bersepeda adalah pilihan yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh
    • Gunakan separuh waktu makan siang untuk berjalan-jalan di sekitar kantor.
    Nah mukin itu saja tips hari ini brow… brow… brow…
    Semoga bermaanfaat hehe…