Donald Trump Dan Kim Jong-Un Akhirnya Bertemu Untuk Pertama Kalinya


#1

Selasa (12/6/2018), Presiden Amerika Serikat (Donald Trump) dan Pemimpin Korea Utara (Kim Jong-Un) akhirnya bertemu di singapura setelah tahun lalu mereka saling mengirimkan hinaan dan ancaman.

Trump dan Kim mendarat di Singapura secara terpisah pada tanggal 10 Juni, lalu mereka masing-masing bertemu secara terpisah dengan perdana menteri Singapura.

Trump dan Kim akhirnya bertemu dan saling berjabat tangan dalam tatap muka pertama pada hari Selasa (12/6/2018) pagi. Setelah berjabat tangan, kedua pemimpin tersebut pindah ke ruangan lain tempat mereka duduk bersebelahan dan memberikan pernyataan singkat kepada wartawan.

Kim Jong-un mengatakan “Senang bertemu anda, Mr.President” dengan menggunakan bahasa inggris setelah duduk bersebelahan dengan Donald Trump.

“Kami akan segera mengadakan diskusi yang hebat”, ungkap Trump dengan mengharapkan dan mengarapkan pertemuan itu berjalan dengan lancar.

Lalu Kim yang berkata menggunakan penerjemah, “Prasangka dan praktek-praktek lama menjadi halngan bagi jalan kami ke depan, namun kami telah mengatasi semuanya dan disinilah kami hari ini”

Trump langsung meresponnya dengan mengatakan “Itu benar”

Dalam ruangan itu, keduanya akan menggelar pertemuan one-on-one dan hanya didampingi oleh penerjemah masing-masing. Saat petemuan one-on-one digelar para awak media dipersilahkan untuk keluar ruangan.

Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama antara kepala negara AS dan Korut dalam sejarah.