Generasi Milenial Mau Hemat? Simak Tips Ini!

09

*Milenia*l generasi muda yang lahir di dua sisi mata koin. Satu sisi berada pada, perkembangan teknologi membuat mereka dapat menikmati berbagai hal dengan kemudahan yang ada. Seddangkan di sisi lain perubahan gaya hidup yang akan mempengaruhi perubahan kebutuhan hidup nya juga.

Untuk kamu yang sedang membaca dan menjadi bagian dari Millenial atau generasi yang terlahir pada tahun 1980-an sampai 2000-an awal. Kerap kali mendapat kritikan karena di anggap boros, dan suka menghambur-hamburkan uang dan lebih konsumtif dari generasi sebelumnya, masa sih??

Lantas, bagaimana cara berhemat yang tepat untuk generasi milenial?
Sebagai contoh, misalkan milenial banyak yang memilih hidup merantau di perkotaan. Sedangkan biaya hidup di kota yang serba individual dan beritme dapat membuat pengeluaran menjadi lebih banyak, yang berarti kesempatan menabung semakin sedikit. Tips nya adalah,

1.Cari teman untuk menyewa kost atau menginap di rumah saudara
Ada baik nya jika kamu merantau tentukan tempat tinggal yang cocok dan sesuai dengan pendapatan dan pengeluaran kamu. Mengajak teman adalah sebuah solusi tepat untuk memperkecil pengeluaran kamu atau jika kamu memiliki saudara di kota jangan sungkan untuk menumpang tempat tinggal.

2.Buat daftar pengeluaran serta biaya nya
Buatlah daftar pengeluaran kamu sehari-hari jangan lupa sertakan biayanya, hal ini perlu kamu terapkan, agar semua keuangan dapat di atur dan terkontrol dengan baik. Terus lakukan minimal perminggu atau perbulan.

3.Jangan terlalu sering makan diluar
Sebuah penelitian menyatakan generasi milenial lebih sering makan diluar dari pada membuatnya sendiri atau membeli sembako sendiri. Memang sih makan diluar lebih mudah dan praktis, namun apa salah membuat makan sendiri untuk berhemat demi masa depan

4.Skip Ngopi diluar
Riset juga mengatakan milenial sangat suka minum kopi diluar seperti Coffe Shop, hal ini bisa kamu akali dengan cara menjadwalkan misalkan 3kali dalam 1bulan, atau kamu juga bisa meriset terlebih dahulu untuk mencari produk yang lebih murah

5.Manfaatkan semua promo yang ada
Hal satu ini bisa diterap untuk siapa saja dan generasi apa saja lho! Manfaat semua promo dan cari promo terlebih dahulu, ketika kamu ingin membeli sesuatu atau berbelanja kebutuhan sehari-hari.
Walaupun harga nya tidak beda jauh setidaknya kamu bisa memperkecil pengeluaran kamu.

Writer,

Sandy Prakoso