Ghidra - Software Reverse Engineering milik NSA dirilis open source

#1

Ghidra adalah kerangka kerja perangkat lunak rekayasa terbalik (Software Reverse Engineering atau SRE) yang dikembangkan oleh Direktorat Riset NSA untuk misi keamanan siber NSA. Software ini digunakan NSA untuk membantu menganalisis kode berbahaya dan malware seperti virus, selain itu juga software ini dapat memberikan para profesional cybersecurity pemahaman yang lebih baik tentang kerentanan potensial dalam jaringan dan sistem mereka.

NSA akan membuat Ghidra tersedia untuk umum sebagai rilis sumber terbuka (Open source) pada waktunya untuk demonstrasi publik pertamanya di Konferensi RSA 2019 Maret ini. Untuk lebih banyak rilis NSA, lihat CODE.NSA.GOV untuk open source, dan Program Transfer Teknologi NSA untuk teknologi lainnya.

Download Ghindra

Untuk mendownload Ghidra silahkan kunjungi
https://ghidra-sre.org/

Ghidra sendiri meggunakan Java versi terbaru yaitu Java 11 jadi mungkin kalian perlu update/install java 11 terlebih dahulu.

Fitur utama Ghidra:

  • termasuk seperangkat alat analisis perangkat lunak untuk menganalisis kode yang dikompilasi pada berbagai platform termasuk Windows, Mac OS, dan Linux
  • kemampuan termasuk pembongkaran, perakitan, dekompilasi, grafik dan skrip, dan ratusan fitur lainnya
  • mendukung beragam rangkaian instruksi prosesor dan format yang dapat dieksekusi dan dapat dijalankan dalam mode interaktif-pengguna dan otomatis.
  • pengguna dapat mengembangkan komponen plug-in dan / atau skrip Ghidra mereka sendiri menggunakan API terbuka
0 Likes