Ini Alasan Biaya Logistik/Ongkos Kirim dari China Murah


#1


Pernah gak sih kamu mikir kenapa sih barang-barang dari china murah? atau mungkin kamu pernah beli barang di ebay yang seller dan barangnya dari china dan dapet Free Shipping walaupun harganya cuman 10 ribu rupiah…

Ternyata China mempunyai serangkaian strategi agar barang-barang logistik yang dikirim ke luar negeri menjadi lebih murah, sehingga perkembangan industri di negeri Tirai Bambu ini dapat bertumbuh sangat pesat.

Salah satu Provinsi yang menekan angka pembayaran logistik adalah Provinsi Jiangsu yang dimana provinsi tersebut menyubang 11% dari total industri di China. Dan dari setiap tahun ke tahun angka peningkatan logistik terus meningkat namun dengan harga yang terus menurun.

Direktur divisi ekonomi dan perdagangan komisi, Zhou Xiaolin mengatakan bahwa “Kami telah bekerja dengan banyak departemen pemerintah lainnya, perusahaan e-commerce dan platform berbagi informasi berteknologi tinggi untuk membuat peraturan untuk menurunkan biaya”.

China memiliki banyak pusat logistik seperti penggunaan transportasi air yang dimana sudah mempunyai 3 jalur perairan yang baru dan barang yang dikirim juga meningkat sekitar 34%, selain itu Jiangsu juga memiliki banyak bandara, dan kereta api super cepat. Kereta api super cepat ini dapat mengembangkan layanan logistik dengan alur transportasi China-Eropa.

Beberapa perusahaan china juga telah menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan efesiensi logistik, misalnya menggunakan drone. Salah satu perusahaan tersebut adalah Suning Logistics Group, yang dimana mereka mengatakan “Suning berencana membangun 5000 pusat logistik cerdas menggunakan drone di masa depan, Drone yang kami gunakan terbang dengan kecepatan 15 meter per detik dan dapat mencapai ketinggian 2000 meter. Ini dapat menghemat 5 hingga 5 yuan untuk setiap pengiriman” Jelasnya.

Jadi alasan China dapat mengirim barang ke semua negara secara murah ialah memiliki teknologi dan strategi yang canggih. Dimana teknologi ini dapat menekan tingkat harga logistik yang dikirim.

Dan sebenarnya jika kalian menemukan barang dengan sistem pengiriman Free Shipping ini biasanya biaya logistik sudah dimasukan kedalam barang tersebut yang bisa terbilang murah sehingga kalian merasa pengiriman barang tersebut gratis.

Padahal jika kita membeli barang di indonesia sendiri harganya ongkos kirim bisa sampai 10 ribu rupiah dengan jarak tempuh antar kota. Tapi para perusahaan china sudah bekerja sama dengan perusahaan logistik indonesia dimana setiap barang yang dikirim akan di bundle dengan jumlah yang banyak sehingga ongkos kirim menjadi sangat murah.

sumber: https://kumparan.com/@kumparanbisnis/terapkan-teknologi-tinggi-bikin-biaya-logistik-di-china-murah