Ini Alasannya Kenapa Ayam Kampung Lebih Mahal Daripada Ayam Potong


#1

Mengapa sih ayam broiler (ayam pedaging) itu lebih murah dan bisa dibilang lebih enak dari ayam kampung. Dan kenapa juga ayam kampung itu lebih mahal dari pada ayam broiler. Ternyata inilah alasannya…

Ayam broiler atau ayam pedaging yang membedakan harga dan kualitas rasa dari ayam tersebut adalah tingkat pemeliharaannya oleh para peternak.

Ayam Pedaging/broiler biasanya pemeiliharaanya amat internsif dan efisien, yang membuat tingkat FCR (Food Convertion Ratio) -perbandingan jumlah pakan yang menjadi daging - begitu rendah. Maksudnya adalah Ayam pedaging biasanya akan menghasilkan daging yang lebih banyak sedangkan jumlah pakan yang berikan berjumlah sedikit.

Sedangkan Ayam kampung, tingkat FCR-nya tinggi, mereka harus diberi makan lebih dari pada ayam Broiler untuk menghasilkan jumlah daging yang relatif sama dengan ayam broiler. Selain itu hal yang membuat ayam kampung mahal adalah cara pemeliharaannya.

Ayam kampung biasanya hanya tinggal di dalam kandang dari mulai menetas sampai mereka siap dipotong, namun untuk ayam Kampung cara pemeliharaanya dilepas, sehingga dapat berkeliaran kemana-mana. Hasilnya ayam menjadi lebih sehat namun memiliki tekstur yang berbeda. Biasanya daging ayam kampung lebih alot dari pada ayam broiler.

Selain pemeliharaan ayam kampung yang dilepas, ayam kampung juga diberi pakan makanan organik seperti beras dan mereka biasanya mencari makan sendiri bukannya pur. Sehingga kualitas gizi dan nutrisi dari ayam kampung jauh lebih tinggi dari pada ayam broiler.

Jadi itulah alasannya mengapa harga ayam broiler jauh lebih murah dari pada ayam kampung.


Manfaat dan Kelebihan Daging Ayam Kampung dibanding Ayam Potong