Inilah Bahaya Menelan Obat Pil Tanpa Meminum Air


#1

Mungkin Sebagian besar dari kita pernah minum pil tanpa air, entah karena terburu-buru, terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur, atau tidak ada air putih. Tapi tahukah kamu jika memimun Pil tanpa minum akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Meminumi pil dengan air adalah hal yang sangat penting, bukan karena membuat kita menelannya lebih mudah, tetapi juga membantu mencegah pil terjebak di kerongkongan anda, yang dimana hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada diri kita.

“Obat-obatan yang bersarang di kerongkongan sangat mungkin menyebabkan peradangan dan iritasi,” kata Jennifer Caudle, DO, seorang dokter kedokteran keluarga bersertifikat dan asisten profesor di departemen Kedokteran Keluarga di Rowan University-School of Osteopathic Medicine. “Ini dapat menyebabkan sejumlah gejala dari sakit maag dan nyeri dada hingga esophagitis, atau bahkan pendarahan.”

Karena tidak ada saraf rasa sakit di bagian esofagus, gejala tidak selalu dimulai segera, yang dapat menyulitkan Anda untuk mengetahui apakah pil yang anda konsumsi sudah turun kedalam lambung.

Beberapa orang mengalami nyeri dada atau perasaan yang mirip dengan mulas, sehingga mereka mungkin hanya mengabaikan sensasi sebagai ketidaknyamanan sementara. Namun, seiring waktu, pil yang tersangkut di sepanjang perjalanan mereka dapat memecah dan mengikis jaringan halus esofagus, menyebabkan pendarahan dan pendarahan yang menyakitkan, atau dehidrasi berat, yang semuanya bisa menjadi sangat serius.

Sebuah studi dari Turkish Journal of Gastroenterology menemukan bahwa hampir semua jenis obat dapat menyebabkan ulkus di kerongkongan, tetapi menurut Dr. Caudle, beberapa obat umum dapat menyebabkan kerusakan signifikan ketika pil tersebut terjebak di kerongkongan, termasuk obat-obatan untuk mengobati osteoporosis, antibiotik , dan penghilang rasa sakit over-the-counter.

“Obat penghilang rasa sakit seperti Motrin dan Advil biasanya diambil tanpa air, dan golongan obat itu dapat menjadi sangat bermasalah jika mereka tersangkut di tenggorokan,” kata Caudle. Seorang ahli bedah di Rumah Sakit Memorial Morristown di New Jersey mengisahkan tentang seorang pemain sepak bola remaja yang akan dimana ia menkonsumsi dua Advil tanpa air sebelum pertandingan dan ternyata menyebabkan kerongkongan menjadi tampak “seperti keju Swiss”.

Untuk menghindari komplikasi berbahaya saat menelan pil, selalu lebih baik untuk mencampur pil tersebut dengan setidaknya delapan ons air, saran Caudle. Dia juga merekomendasikan mengambil pil berdiri atau duduk, tidak pernah berbaring. Ini berarti Anda harus menghindari minum obat tepat sebelum tidur, atau setidaknya 15 menit sebelum tidur, untuk memungkinkan waktu pil untuk berjalan di kerongkongan.

“Bukan berarti jika Anda tidak minum apa-apa, pil Anda akan selalu macet,” kata Caudle. “Tetapi risikonya lebih tinggi jika Anda tidak memiliki segelas penuh air.”

sumber : https://www.rd.com/health/wellness/swallowing-pills-without-water-danger/