Inilah Penyebab Cuaca Dingin yang Melanda Indonesia, Bukan Fenomena Aphelion!


#1

Badan Nasional Penanggunalan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan yang diambil dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca dingin yang tengah melanda Indonesia.

Dikutip dari akun Twitter Sutopo @Sutopo_PN, Jumat (6/7/2018)
Ia menuliskan, menurut BMKG, cuaca dingin yang melanda Indonesia bukanlah disebabkan fenomena aphelion

Cuaca dingin ini lebih dominan karena tidak adanya awan di atmosfer.

Ia juga menambahkan bahwa angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia, sehingga cuaca dingin melanda Indonesia.

Banyak rumor yang menyatakan bahwa dingin yang melanda Indonesia diakibatkan adanya Fenomena Aphelion, yaitu jarak terjauh yang dicapai bumi dalam orbitnya mengelilingi matahari. Sedangkan kebalikannya adalah Parihelion, yaitu jarak terdekat bumi dengan matahari

Suhu dingin yang melanda Indonesia ini terlihat dari foto-foto embun upas yang terjadi di Pegunungan Dieng terlihat lapisan es yang berasal dari embun.


Tidak hanya di Pegunungan Dieng, cuaca dingin juga terasa di daerah Temanggung, Jawa Tengah.

Jadi kesimpulannya penyebab yang terjadi dinginnya suhu di Indonesia bukan karena fenomena Aphelion tetapi tidak adanya awan di atmosfer Indonesia, kalau benar ini merupakan fenomena aphelion maka negara-negara lain pun akan sama merasakan turunnya suhu.