Inspirasi Muslim dengan Tren Baju Gamis

Baju Gamis Jember - Pada jaman modern ini pada saat kita mendengar kata “Gamis” pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di kalangan masyarakat Muslimah khususnya di Indonesia. Bagi seorang Muslimah adalah hal wajib menggunakan baju tertutup seperti mengenakan baju gamis untuk menutup aurat mereka sesuai dengan Syariat agama Islam. Kata “Gamis” berasal dari Bahasa arab yaitu “Qomish” , artinya terusan dari bagian atas tubuh sampai pertengahan betis atau mata kaki.

Namun kata “Qamish” tersebut sudah menyerap ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “Gamis” dan mengalami sedikit perubahan ejaan. Kalau kita melihat dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Gamis kermakna baju kemeja yang panjangnya sampai paha atau lebih sedikit. Sedangkan yang di maksud Qamish yaitu jubah.

Baju gamis adalah baju dengan salah satu konsep pakaian yang dapat membuat wanita muslimah tampil elegan sesuai konsep pakaian kita sendiri. Baju gamis sendiri merupakan baju yang sering di kenakan oleh wanita muslimah pada acara – acara seperti, keagamaan, pesta, pengajian, dll. Perkembangan Baju Gamis Jember sangatlah pesat. Kini Baju Gamis Jember tidak hanya di kenakan oleh orang tua saja, tetapi anak remaja sampai dewasa pun sudah mengenakan Baju Gamis Jember.

Baju Gamis terkesan sederhana di mata wanita muslimah. Pemakai Baju Gamis Jember tidak harus mencari atasan atau bawahan, karena Baju Gamis Jember sudah menjadi satu antara atasan dan bawahan. Tetapi meskipun terkesan sederhana, wanita muslimah harus pandai untuk memilih model dari sisi pandang Fashionnya.

Berikut Beberapa Model Baju Gamis :
1. Gamis Brokat
Gamis Brokat yaitu baju Gamis yang di kenakan dengan hijab yang tidak terlalu panjang. Ciri – ciri Gamis Brokat memiliki kombinasi renda yang bermotif. Kebanyakan yang mengenakan Gamis Brokat ini para kaum muslimah berusia dewasa, remaja yang akan membawa kesan muda, trendi dan anggun. Gamis Brokat ini cocok untuk di kenakan pada acara – acara pesta, wisuda ataupun yang lain.
2. Gamis Kaftan
Gamis ini berbentuk terusan panjang dengan ciri khas memiliki lengan mengembang atau lengan seperti sayap kelelawar. Gamis kaftan sudah dianggap gamis modern, dan peminatnya dari berbagai kalangan baik dari Anak muda, dewasa ataupun ibu – ibu.
3. Gamis Cape
Gamis ini bisa menjadi alternative bagi Anda yang mempunyai gamis jaman dulu namun ingin terlihat seperti gamis modern. Caranya hanya menambahkan kain panjang lalu lingkarkan pada leher.
4. Gamis Slit-Up
yaitu jenis gamis yang mempunyai ciri khas belahan tinggi pada kaki, namun masih bisa di atasi dengan mengenakan legging yang menutupi bagian kaki tersebut.
5. Gamis Blazer
merupakan gamis dengan ciri khas long dress. Gamis satu ini sangat di kenal oleh kalangan masyarakat Indonesia dengan ciri khasnya. Model Blazer ini banyak di kenakan pada acara acara pesta, mengajar, pengajian, dll.
6. Gamis Syar’i
Model Gamis Syar’I merupakan model baju gamis yang ciri khasnya masih kental dengan aturan agama islam. Dimana seorang wanita muslimah semua aurat wajib di tutup kecuali muka dan kedua telapak tangan. Baju Gamis Syar’I ini berusaha semaksimal mungkin untuk menyamarkan lekuk tubuh wanita sehingga tidak terlihat oleh kaum pria.

Begitu sederhananya kata “Gamis” , tetapi kreatifitas dan modifikasinya sangat bermacam – macam, corak, motif sangat beragam sekali. Pastinya Baju Gamis Jember sudah seharusnya di kenakan, terutama untuk pakaian penutup aurat bagi kaum wanita muslimah. Semoga artikelnya bermanfaat…