JENIS – JENIS BUSANA MUSLIM

blogger

#1

Memahami istilah aneka jenis baju muslim dan muslimah yang ternama di negeri berpenduduk muslim terbesar di dunia, yakni Indonesia adalah suatu keharusan. Dengan memahami istilah-istilah tersebut kita tidak akan salah waktu membeli pakaian muslim, lebih lebih sedang disaat membeli online.
Indonesia merupakan negara dengan masyarakat muslim dan musimah tertinggi di dunia. Fenomena itu menimbulkan tidak sedikit khazanah unik dan beragam yang terjadi akibat asimilasi budaya dan kebiasaan antara Arab dan Melayu yang bersatu di sini, termasuk istilah berbusana muslimah. Pada dasarnya berpakaian muslimah di Indonesia merujuk bagi ketetapan aturan Islam yg berdasarkan syariat.

Macam macam busana muslim :

  1. Hijab Syar’i
    Orang Indonesia menyebut sarana penutup kepala wanita sebagai perintah aqidah dengan sebutan jilbab.
  2. Jubah
    Gamis bermula dari bahasa arab, merupakan Qhamis yang artinya pakaian. Namun diserap ke dalam bahasa Indonesia jadi gamis yakni baju panjang dan longgar. Muslim dan musimah Indonesia juga menyebutnya dengan sebutan jubah untuk baju panjang hingga di bawah lutut berlengan panjang, seperti yg dikenakan oleh orang Arab, padri, atau hakim.
  3. Baju Koko
    Baju koko yaitu baju muslim pria Indonesia. Cirinya berkerah berdiri dan kancing depan diadaptasi lari baju tradisional cina. Sebutan baju koko yakni gejala bahasa yg diplesetkan orang Betawi jaman dulu waktu meredaksikan baju yg dikenakan segenap kokoh kakanda dalam Bahasa Mandarin red.
  4. Peci
    Orang Indonesia kerap menyebutnya kopiah, peci, atau songkok. Topi bermotif hitam ini diadaptasi dari Fes yang berasal dari Turki dan Tharbusy berasal dari Maroko yang setelah itu berkembang menjadi topi tradisional orang Melayu. Peci begitu populer di Asia Tenggara, apalagi pemeluk Islam, bahkan sekarang telah jadi ciri berpakaian orang Islam.
  5. Tunik
    Tunik yaitu serapan kata yang bersumber dari Bahasa Inggris yakni tunic, yang mempunyai arti pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan juga punggung. Baju ini dapat berlengan atau pun tanpa lengan dan panjangnya hingga di pinggul atau hingga di atas lutut.
  6. Kain Sarung
    Sarung ialah sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya maka membentuk seperti tabung. Ini adalah arti dasar dari kain sarung yang dipakai di Indonesia atau negara-negara sezona. Dalam pengertian busana internasional sarung atau sarong memiliki arti secarik kain lebar yang pemakaiannya dengan cara dibebatkan pada pinggang untuk menyembunyikan bagian bawah badan (pinggang ke bawah).
  7. Abaya
    Abaya merupakan baju khusus wanita dari Timur Tengah dengan rancangan mirip seperti jubah dengan ukuran badan dan tangannya sangat longgar, cutting abaya berbentuk A-Line atau Umbrella-Line bersama warna hitam polos.

Jika Anda membutuhkan busana muslim yang berkualitas bagus, murah, dan lengkap silahkan datang langsung ke Pusat Busana Muslim Jember