Kebiasaan-Kebiasaan Yang Perlu Dihindari di Kantor


Bagi karyawan, kantor merupakan rumah kedua bagi mereka dikarenakan aktivitas yang mereka lakukan sebagian besar dihabiskan saat melakukan pekerjaan di kantor. Banyaknya kegiatan di kantor seperti berinteraksi dengan rekan kerja, atasan dan bahkan untuk menikmati makan siang semua kegiatan itu dilakukan paling tidak minimal seminggu 5 kali bahkan ada yang bekerja full hanya istirahat waktu malam hari saja. Namun juga harus perlu diwaspadai, tanpa disadari kantor juga bisa jadi tempat yang bisa merusak kesehatan juga lho… lebih buruknya lagi apa yang anda lakukan yaitu aktivitas atau kebiasaan rutin yang dilakukan di kantor membawa dampak buruk bagi kesehatan. Bukan berarti anda harus berhenti bekerja yaa… namun jangan khawatir, anda harus merubah beberapa kebiasaan di kantor berikut ini:

  1. Meja Yang Berantakan atau Tidak Rapi
    Area kerja atau meja kerja yang tidak terurus dapat menyebabkan stress dalam pekerjaan dapat menjadi tidak efisien dalam bekerja. Dan parahnya lagi kuman bisa bersembunyi di antara tumpukan barang-barang atau berkas yang ada di meja kerja anda. Kalau anda termasuk pekerja yang demikian sebaiknya mulailah untuk membersihkan barang atau berkas yang tidak perlu berada di meja kerja jika memang sulit untuk membersihkan setidaknya seminggu sekali saja dibersihkan.

  2. Menyadarkan Wajah Pada Tangan
    Gerakan ini merupakan salah satu yang paling sering oleh para pekerja di saat pikiran mulai rumit masalah dalam pekerjaan datang bertubi-tubi atau sekedar merasa lelah dalam bekerja. Tentunya pose ini sangatlah nyaman, namun beberapa resiko dapat merusak kesehatan dengan pose ini, sebab membuat wajah rentan menimbulkan jerawat dan masalah kulit lain dikarenakan jika wajah dengan tangan bertemu akan menyebabkan kuman atau bakteri leluasa menyebar oleh gerakan atau dengan pose ini.

  3. Makan Sambil Mengetik
    Hal ini mungkin sering dilakukan untuk alasan lebih efisien waktu agar tidak berpindah tempat. Memang benar hal tersebut terasa nyaman dan seakan tidak ada masalah oleh hal tersebut, tetapi harus dipahami bahwa halnya ruangan kerja dengan ruang makan harus dipisah. Masalahnya jika anda makan sambil mengetik di ruangan anda hanya melakukan memindahkan bakteri-bakteri dari meja kerja kedalam tubuh anda.

  4. Melewatkan sarapan
    Sering melewatkan sarapan pada saat berangkat ke kantor pagi hari merupakan kebiasaan banyak pekerja. Oleh karena itu kurangi hal tersebut karena tidak sarapan dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan, selain dapat meningkatkan stress dan merusak metabolism tubuh, dan selain itu juga dapat menimbulkan potensi penyakit darah tinggi, obesitas dan sakit jantung.

Klik juga: sewa ruang kantor jember, sewa ruangan jember

  1. Duduk Lama dalam Posisi Yang Sama
    Saat kita melakukan duduk dalam jangka waktu yang lama tubuh akan menggapnya seperti tertidur. Maka dari itu usahakan setiap satu jam sekali bangun dari tempat duduk dan cobalah berjalan atau melakukan peregangan sehingga aliran darah dapat mengalir lebih lancer keseluruh tubuh dan otak. Oleh karena itu jamngan lewatkan setiap kesempatan untuk beranjak dari meja missal dari pada memanggil rekan kerja anda atau mengirim email kepada mereka alangkah lebih baiknya jika menyampaikan pesannya secara langsung. Hal ini dapat membuat tubuh agar lebih bugar daripada duduk berlama-lama.

  2. Membawa HP Ke Toilet
    Saat buang ke air kecil maupun besar ke toilet mungkin kebanyakan orang sering mencuri-curi istirahat di sela-sela jam kerja tidak luput mereka selalu membawa HPnya namun siapa sangka hal tersebut juga mengakibatkan buruk pada kesehatan. Ponsel dan toilet merupakan kombinasi hal yang buruk dikarenakan jika anda menyentuh kedua hal tersebut dalam waktu yang saling bergantian akan menjadi sarang kuman setelah anda kembali ke meja kerja. Oleh sebab itu hindarilah kebiasaan ini agar kita semua dapat menjaga kesehatan kita.

  3. Tidak Minum Air Putih Yang Cukup
    Minum air putih harusnya kita lakukan setiap hari karena di dalam tubuh 2/3 tubuh membutuhkan air, tidak hanya itu air putih dapat menjaga tubuh dan pikiran menjadi tetap segar. Air putih juga membantu menekan nafsu makan sehingga dapat mengontrol nafsu makan. Dampaknya jiga tidak minum air putih adalah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh maka dari itu jangan lupa membawa air putih yaa saat bekerja bukan yang mengandung soda atau kafein tapi air putih.

  4. Terlalu Banyak Minum Kopi
    Minum kopi adalah sebuah keharusan yang dilakukan oleh sebagian besar pekerja. Mereka mengatakan bahwa tidak minum kopi di pagi hari atau mengawali kerja membuat kepala menjadi pusing atau tidak bisa konsentrasi saat bekerja. Sebuah situs klinik herbal mengatakan bahwa minum lebih dari empat cangkir kopi sehari dapat menyebabkan efek negatif seperti gugup, gelisah, mudah marah, dan detak jantung yang tidak menentu. Nah oleh karena itu tidak dianjurkan minum kopi telalu banyak karena dapat menyebabkan penyakit seperti di atas, maka minumlah kopi seperlunya saja.