Keindahan Rumah Tembakau Yang Unik Di Jember Bikin Hati Baper

Tembakau merupakan salah satu komoditi unggulan di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Kota Jember, Jawa Timur merupakan kota penghasil tembakau yang memiliki kualitas tembakau terbaik kedua dunia setelah negara Kuba. Kabupaten Jember mampu menghasilkan tembakau dengan kualitas yang sangat tinggi. Kepopuleran tembakau asal Jember bahkan sudah mendunia sejak abad ke 19.

Tembakau pada umumnya digunakan sebagai bahan utama pembuatan rokok dan cerutu. Proses pembuatannya dari daun tembakau yang sudah layak panen kemudian dikeringkan dan diolah sedemikian rupa untuk menjadi rokok yang banyak di jual di pasaran. Di sinilah peran rumah tembakau sebagai tempat pengeringan yang ideal sejak zaman dulu. Jika anda melewati beberapa persawahan di Jember mungkin akan melihat sebuah bangunan khas yang mencolok. Bentuknya besar dan memanjang. Bisa dikatakan mirip dengan rumah adat karena menggunakan atap dari daun tebu kering. Tiang-tiangnya sederhana terbuat dari bambu, tapi dari jauh sudah terlihat kokoh dan serasi di tengah-tengah hijaunya sawah. Jika bukan musimnya, maka rumah tembakau seperti ini akan sepi.

52

Rumah Tembakau-Cari hotel murah Jember

Perlu diketahui untuk membangun Rumah Tembakau ini sangat rumit membutuhkan perhitungan yang tepat dan pengalaman khusus. Bahkan arsitektur kelas dunia kagum pada desain bangunan ini yang bertahan seabad lebih hingga sekarang ini.

Fungsi utama rumah tembakau ini adalah untuk pengeringan daun tembakau. Menurut catatan, dalam setahun rumah tembakau ini hanya dua kali produksi dengan jumlah besar. Jika sedang tidak produksi, bangunan ini digunakan untuk pembuatan pupuk kandang. Selebihnya lagi digunakan untuk tempat wisata. Wisatawan dapat dengan langsung melihat desain arsitek secara langsung dari luar maupun dari dalam ruangan.

Keberadaan rumah tembakau ada di beberapa area persawahan Jember. Namun yang sering didatangi wisatawan ada di Mumbulsari. Selain itu di daerah Ajung dan Kalisat juga ada. Jika anda berkunjung ke Jember, bisa mampir dan membuktikan sendiri keindahannya. Carilah spot yang bagus, tepat dan tampilkan pose terbaik anda. Latar belakang Rumah Tembakau harus terlihat jelas. Dijamin foto-foto anda akan nampak istimewa. Jika anda wisatawan dari luar kota bisa mencari hotel murah Jember disitus pencarian untuk singgah sementara karena lokasi Rumah Tembakau terletak dipedesaan yang jaraknya lumayan jauh dari Kota.

Demikian pembahasan tentang Rumah Tembakau Di kota Jember, Jawa Timur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Tunggu artikel dan informasi yang menarik lainnya dilain waktu. Terima kasih telah mengunjungi situs kami.