Kota Pelajar Di Wilayah Tapal Kuda

Jember, selain dikenal dengan sebutan kota karnaval dan kota tembakau, juga kerap kali disebut sebagai kota pelajar. Mengapa demikian? Karena memang ada beberapa lembaga pendidikan perguruan tinggi di sini yang wajib patut diperhitungkan keberadaannya. Salah satunya adalah UNEJ (Universitas Jember), kampus tersebut menjadi salah satu tempat favorit pilihan bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Menurut informasi keberadan UNEJ sendiri pada 5 Oktober 1957 yang digagas oleh Dr. R. Achmad bersama dengan R. Th. Soengadi dan R.M. Soerachman ketika itu masih berbentuk Yayasan Universitas Tawang Alun. Higga perkembangannya begitu pesat dengan memasuki peringkat sebagai Universitas terbaik dan favorit di Indonesia.

Tak heran bila melihat mobilitas angkutan umum seperti kereta api ataupun bis yang ramai penumpang menuju Jember setelah musim liburan atau pada hari Minggu malam. Salah satu alasannya, karena Jember merupakan jujukan tempat belajar bagi masyarakat Jawa Timur khususnya wilayah timur. Bahkan dari luar provinsi juga ada yang memilih kampus di kota Jember untuk melanjutkan pendidik kejenjang lebih tinggi.

Tak hanya itu saja, bahkan penginapan hotel Jember juga ramai dipadati oleh pengunjung untuk bermalam pada saat ada moment- momen penting seperti acara wisuda UNEJ atau Universitas dan Lembaga Pendidikan lainnya. Para calon wisudawan wisudawati jauh-jauh hari mencari penginapan hotel Jember yang terutama cari hotel yang terdekat lebih dulu dengan area kampus. Di dekat kampus pun ada beberapa hotel yang bisa dikunjungi mulai dari harga ekonomi sampai harga VVIP.

Jalan Kalimantan dan Jalan Jawa di sekitar kampus UNEJ menjadi pusat kesibukan pemuda-pemudi baik dari dalam kota ataupun luar kota Jember untuk berkreasi. Seperti berolahraga yang bisa dilihat di lapangan olahraga dekat Perpustakaan UNEJ, juga lapangan basket di dekat Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Gedung Soetardjo hampir setiap akhir pekan selalu ramai menjadi tempat ajang kreasi seni mahasiswa, mulai dari pertinjukan teater, hingga beragam pameran seni visual, dan juga pertunjukan musik.