Manfaat dan Kelebihan Daging Ayam Kampung dibanding Ayam Potong


#1

Ayam kampung merupakan ayam lokal yang dipelihara secara organik, pakan yang diberikan biasanya berupa pakan alami tanpa mengandung bahan kimia atau obat-obatan tertentu. Ayam kampung yang baik umumnya tidak dikandangkan, sehingga mereka bisa mencari makan sendiri di ladang, atau bisa juga diberi makan-makanan organik seperti sisa nasik, sisa gilingan jagung tapi lebih baik dilepas karena ayam kampung yang dilepas akan lebih aktif.

Baca juga: Ini Alasannya Kenapa Ayam Kampung Lebih Mahal Daripada Ayam Potong

Daging ayam kampung memang terasa lebih alot di banding ayam broiler/potong namun ternyata daging ayam kampung memiliki cita rasa yang jauh lebih gurih dan lebih kaya akan nutrisi. Ayam kampung yang baik adalah dipelihara secara langsung oleh petani.

Dan Kali ini kita akan membahas apa saja keunggulan dari daging ayam kampung di banding ayam broiler

Kandungan Gizi Yang Tinggi

Ayam kampung yang tidak dikandangkan akan memperoleh pakan secara alami seperti daun-daunan, cacing tanah, dan serangga. Selain itu dengan dilepasnya ayam kampus di ladang, mereka menerima lebih banyak cahaya matahari secara langsung dan bebas bergerak aktif. Dengan begitu daging yang dihasilkan menjadi lebih lembut dan tinggi nutrisi daripada ayam broiler.

Rasa dan Aroma yang lebih Nikmat

Pasti sudah tahu dong rasa dan aroma ayam kampung lebih nikmat dibanding dengan ayam produksi, ini karena ayam yang diternakan secara alami cenderung memiliki daging yang lembut dan rasa yang lebih lengkap.

Mengadung Sedikit Lemak

Ketika kamu pernah menyimpan daging potong dalam panci yang disimpan di kulkas pasti melihat banyak lemak di dalam panci tersebut setelah beberapa hari. ini bisa jadi penyebab bahwa pakan yang diberikan ayam tersebut mengandung banyak lemak.

Ayam kampung yang biasa diberi pakan organik akan mengaduk sedikit lemak daripada ayam potong. Selain itu karena ayam kampung sering bergerak maka lemak yang ada di ayam tersebut lebih sedikit.

Mengandung Sedikit Racun

Ayam yang dipelihara secara organik seperti ayam kampung sudah pasti tidak menggunakan antibiotik, pakan khusus atau bahan kimia lainnya yang dapat mengandung kontaminasi dari logam berat. Dengan banyaknya logam berat dalam daging ayam, ini akan berakibat buruk bagi kesehatan kita.

Memang harga daging ayam kampung organik lebih mahal dibanding ayam potongan, ini karena cara pemeliharaan dan jenis pakan yang diberikan berbeda. Namun karena gizi dan manfaat yang diberikan ayam kampung organik lebih tinggi dan bahkan lebih baik maka harga tersebut setimpal dengan manfaat tersebut.