Membawa Transparansi dalam Sumbangan Pendidikan dengan Beasiswa Mikro Berbasis Blockchain

Halo semua. Izin sharing tentang pendidikan online berbasis teknologi blockchain pertama di dunia ya. Jadi begini…

Sebagai permulaan, mari kita lihat negara AS. Setiap tahun hampir 102.5 biliun USD disumbangkan untuk pendidikan, berdasarkan laporan tahunan oleh CAE dan Giving USA. Akan tetapi, terdapat sedikit transparansi tentang penanganan sejumlah uang ini oleh pihak perantara dan juga tentang bagaimana dampak yang dihasilkan oleh sumbangan tersebut. Para penyumbang atau sponsor tidak memiliki cara untuk mengevaluasi perbedaan apa yang mereka hasilkan dari donasi yang mereka beri.

Ini merupakan permasalahan yang dapat diselesaikan secara menyeluruh dengan teknologi blockchain, yang mempunyai potensi untuk menyediakan berbagai opsi yang lebih banyak dan lebih baik untuk bidang pendidikan. BitDegree telah meluncurkan sistem beasiswa mikro bersumber terbuka (open-source) dan transparan pertama di dunia yang bisa merubah sistem sumbangan pendidikan.

Beasiswa BitDegree adalah solusi yang membolehkan pelacakan kontribusi yang dibuat para sponsor digunakan dalam waktu nyata (real-time). Selain itu, sistem ini juga membolehkan pemberian yang terprogram - Para donatur dapat menentukan aturan-aturan pada kontribusi mereka (misalnya berdasarkan lokasi geografi, data demografis, mata pelajaran, insentif) dan mengendalikan implementasinya seiring dengan berjalannya proses pembelajaran. Pengalaman pengguna para penyumbang mirip seperti pengiklan yang menjalankan kampanye iklan Google.

Semua ini bisa terwujud karena sistem yang dikembangkan BitDegree untuk merekam segala pencapaian pendidikan, di mana data-data ini dimasukkan ke dalam blockchain sebagai informasi permanen ke tingkat yang paling terperinci. Teknologi Blockchain berfungsi sebagai pagar yang aman dan transparan bagi pelaksanaan pembayaran yang terdesentralisasi. Para sponsor dapat memberi beasiswa, para pengajar dibayar atas pekerjaan mereka, para pelajar dapat menerima pendidikan yang disponsori serta insentif keuangan untuk memotivasi. Seluruh sistem dapat diperbesar secara tak terbatas karena sifatnya yang bersumber terbuka serta terdesentralisasi, di mana hubungan antara pihak-pihak yang terlibat ditangani melalui kontrak otomatis yang transparan dan dapat disesuaikan.

Pihak perantara sebelumnya, seperti badan amal pendidikan, harus mengendalikan proses pendidikan dan pendanaannya, sedangkan sistem blockchain juga mampu melakukan hal yang sama secara otomatis dengan biaya yang jauh lebih rendah. Bahkan, kompleksitas sistem donasi dapat ditingkatkan, membolehkan untuk pertama kalinya pengiriman uang langsung ke dompet pelajar tanpa melalui perantara. Hal ini memungkinkan jenis beasiswa mikro baru yang tidak hanya mencakup biaya pendidikan tetapi juga memberikan hibah langsung kepada pelajar yang meliputi biaya kesempatan belajar atau sebagai motivasi mereka untuk belajar.

Karena transaksi langsung, cepat dan hampir tanpa biaya yang berbasis mata uang kripto (cryptocurrency), donasi mikro secara global antar rekan sejawat (peer-to-per) untuk pendidikan kini dapat terwujud. Solusi ini juga memungkinkan para sponsor untuk mengimplementasikan pembiayaan pendidikan yang ditargetkan untuk pasaran baru yang sebelumnya kurang diperhatikan karena sulitnya untuk mencapai dan memotivasi kalangan tersebut.

Beasiswa mikro saat ini tersedia untuk pembelajaran online di platform BitDegree sebagai contoh, dan para penyedia pendidikan dan badan amal pendidikan offline maupun online lainnya dipersilakan untuk bergabung. Dalam penerapan sistem ini oleh BitDegree, para pelajar yang termotivasi dari seluruh dunia dapat memohon beasiswa mikro untuk menutup biaya kursus dan memberikan kompensasi atas waktu yang dihabiskan untuk belajar sebagai sebuah insentif. Penerapan beasiswa mikro seperti ini dipilih untuk memenuhi permintaan akan bantuan minimum selain dari keperluan biaya pendidikan dan untuk menunjukkan perlunya bantuan ini dengan memberikan kisah-kisah pribadi dari seluruh dunia untuk mendukungnya.

Kutipan permohonan beasiswa berikut dari seorang pelajar di India menggambarkannya dengan baik: “Saya adalah mahasiswa ilmu komputer tahun kedua yang bercita-cita untuk menjadi Android developer. Tetapi saya belum sepenuhnya bisa untuk membiayai pendidikan saya. Penghasilan ayah saya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga kami. Sejujurnya, saya tidak bisa mengeluarkan lebih dari $2- $5 per bulan untuk kursus [pengembangan Android] ini. Saya dan keluarga sudah kesulitan untuk membayar biaya kuliah saya.”

Insentif keuangan sebagai hibah untuk belajar adalah penting karena para pelajar di negara-negara berkembang dan bahkan di negara-negara maju sering harus memilih untuk melepaskan pekerjaan dengan gaji rendah yang hanya bisa menutup biaya hidup dan pendidikan secara minimum, yang berarti menempatkan keluarga mereka dalam risiko. Insentif ini juga berfungsi sebagai motivator yang hebat untuk menyelesaikan kursus dan terus belajar lebih tinggi, menandakan bahwa keahlian yang diperoleh dihargai oleh dunia kerja secara global, yang menggiring ke peluang kerja yang lebih baik. Karena peluang kerja yang berlimpah, BitDegree saat ini fokus kepada kursus-kursus dan jalur pembelajaran yang menggiring pada pekerjaan dalam bidang yang berhubungan dengan keahlian digital sehingga para pelajar dapat bergabung dalam dunia kerja digital secara global dan bekerja dari mana pun mereka berada.

Pelajar dapat mengajukan permohonan beasiswa mikro BitDegree sebagai cara untuk mendapatkan bantuan keuangan untuk menyelesaikan berbagai kursus online. Permohonan mereka akan dinilai dan diverifikasi oleh tim BitDegree sebelum diterbitkan pada platform ini. Setelah permohonan si pelajar diterima, ia akan terdaftar di platform dan dapat dilihat oleh sponsor potensial untuk dibiayai. Lalu sponsor tersebut mempunyai cara yang transparan untuk melacak bagaimana biayanya dialokasikan untuk pendidikan si pelajar.

Dalam versi terbaru dari Beasiswa BitDegree ini, sponsor dapat memilih pelajar mana untuk dibantu dengan gaya go-fund-me (sebuah platform penggalangan dana). Para pelajar akan memberikan cerita, motivasi, dan permohonan beasiswa mikro yang telah ditentukan sebelumnya, yang sesuai dengan upaya pembelajaran dan tingkat pendapatan menurut lokasi geografis pemohon. Gagasan beasiswa mikro online merupakan ide yang revolusioner dan dapat mengubah status pendidikan saat ini secara positif karena transparansinya dan aksesibilitas yang meliputi seluruh dunia.

Mulai buat perubahan dengan menjadi sponsor pelajar di sini: https://www.bitdegree.org/sponsor

Buat permohonan untuk Beasiswa BitDegree di sini: https://www.bitdegree.org/certificates/scholarships/apply

Tentang BitDegree:

BitDegree adalah platform pendidikan online berbasis blockchain dan insentif-pintar pertama di dunia yang bertujuan untuk membuat revolusi pada pendidikan global dan juga pada perekrutan bidang teknologi. Tujuan utama platform BitDegree adalah untuk memungkinkan para pelajar untuk memperoleh berbagai keahlian yang saat ini memiliki permintaan tinggi di dunia kerja. BitDegree menawarkan berbagai kursus online terbaik kepada para pengguna dengan sistem penghargaan dan pelacakan pencapaian berbasis blockchain yang transparan dan jelas.

Statistik BitDegree:
520.000+ Pelajar
700+ Kursus
1.411.000+ Pendaftaran
350+ Tutorial
3.000+ Contoh Coding
800+ Artikel tentang Coding

Narahubung
Andzelika Zukauskaite
Manajer Pemasaran, BitDegree
andzelika@bitdegree.org
21 August 2019