Menilik sejarah Kota Jember sebagai La Tierra Prometadora

Hallow… para sahabat semoga anda selalu diberikan kesehatan. Kembali lagi bersama saya Dedy di Wisata Jember, waktu lalu saya membahas tentang Rumah Tembakau di Jember. Nah kali ini saya akan membahas tidak jauh-jauh dari pembahasan yang lalu yaitu tembakau, tentang sejarah kota Jember dengan julukan la tierra prometadora ( tanah yang menjanjikan). Langsung saja ke pembahasannya.

Jember adalah sebuah kota disisi timur provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan sebutannya yaitu Kota Tembakau. Mengapa demikian? Karena tembakau menjadi salah satu komoditas unggulan Kabupaten Jember. Melalui potensi tanaman ini tembakau Kabupaten Jember sudah lama terkenal dan jadi melegenda. Jember adalah salah satu daerah produsen dan penghasil tembakau terbesar dengan produk yang berkualitas. Tidak hanya di pasar nasional, bahkan telah lama kota Jember dikenal negara-negara Eropa seperti Jerman, Italia, Belanda dan Amerika Serikat.

Mendengar kata cerutu mungkin yang akan terlintas cepat di benak anda adalah Kuba yang sangat dikenal dengan kualitas cerutu yang luar biasa. Memang Kuba bisa dikatakan sebagai Negara dengan produksi cerutu terbaik di dunia, namun perlu diketahui, banyak diantara para penggemar cerutu di seluruh dunia juga ikut memburu cerutu asal negara Indonesia, bahkan para juragan cerutu di Kuba itu sendiri turut memburunya. Yaps betul!!! Kota Jember, salah satu wilayah pertanian tembakau terbaik di dunia. Bahkan, kota Jember sendiri dijuluki oleh juragan cerutu sedunia sebagai la tierra prometadora, atau tanah yang menjanjikan. Dengan potensi alam dan kondisi tanah yang baik, Kota Jember mampu menghasilkan tembakau dengan kualitas yang baik. Kepopuleran tembakau asal Jember bahkan sudah mendunia sejak abad ke 19.

Menurut informasi ada cukup banyak nama produsen maupun daun tembakau yang dikenal di dunia, salah satunya adalah Besuki Na Oogst (BNO). Daun tembakau satu ini dikenal karena keunggulan rasa, warna daun hingga elastisitas dari daunnya yang sangat baik. Daun tembakau satu ini berasal dari Besuki, Jember, dan hingga kini mengangkat dan mengharumkan nama Jawa Timur di mata dunia internasional. Jika dilihat dari tradisi dan sejarahnya, cerutu sendiri diperkenalkan sejak lama di Indonesia dan merupakan bagian dari tradisi Hindia-Belanda. Jejak itu terlihat dari Industri Bobbin PTPN X di Desa Jelbuk, Jember yang diketahui sudah beroperasi sejak 2 abad silam.

Sejak saat itulah, Tembakau menjadi identitas yang tidak terpisahkan dari Kota Jember. Tembakau selalu hadir sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat. Dalam tradisi masyarakat, tembakau selalu disajikan dalam beberapa acara untuk para tamu yang hadir. Biasanya disediakan perlengkapan untuk meracik rokok dan tembakau bagi para tamu, yang terdiri dari wadah atau cawan kecil berisi tembakau yang sudah dirajang, cengkeh, serta kertas papirus . Bahan – bahan inilah yang kemudian diracik atau dilinting sendiri oleh para tamu menjadi rokok maupun cerutu.

Saat ini, produksi tembakau dikelola oleh pemerintah melalui PTPN X di Desa Jelbuk, Jember. Tembakau ini kemudian diolah menjadi cerutu dan rokok. Selain itu, anda juga bisa mengenali sejarah dan cikal bakal tembakau Jember dengan berwisata di Rumah Tembakau Jember yang sudah berdiri sejak jaman Belanda, dan Museum Tembakau Jember yang berada di Jalan Kalimantan, Kota Jember, yang mana museum ini dikelola sendiri oleh pemerintah setempat.

09
Cari hotel murah dan harga kamar hotel jember

Di sekitar Museum Tembakau atau dijalan kalimantan terdapat beberapa penginapan jika anda ingin berwisata ke Kota Jember agar perjalanan wisata anda menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa mencari di aplikasi pencarian harga kamar hotel jember dan cari hotel murah jember .

Demikian pembahasan tentang kota Tembakau, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.