Muay Thai untuk Kesehatan

Muay Thai untuk Kesehatan dan Kebugaran

hai sobat guesehat dimanapun berada…

Muay Thai, pasti diantara kalian sudah ada yang tau atau bahkan mungkin ada yang sudah pernah ikut?

Oke, disini saya mau coba sharing kenapa olahraga Muay Thai sangat digemari sehingga mampu menjadi salah satu olahraga pilihan bagi para selebriti (baik dalam dan luar negeri) selain fitnes (gym), zumba, aerobik dll.

Untuk sejarah muaythai sendiri itu panjang ya teman, jadi yang perlu kalian tau asal olahraga ini dari negara tetangga yaitu Thailand. Muaythai berawal dari seni berperang yang akhirnya dijadikan beladiri khas kerajaan dan terus berkembang hingga mendunia dengan nama Muaythai.

Oke langsung aja ya teman, ini adalah beberapa bentuk latihan yang akan kalian dapatkan saat latihan Muaythai :

  1. Pemanasan

Pada tahap ini biasanya akan melaukan gerakan pemanasan selama 5 - 15 menit. Gerakan meliputi lari atau skiping (menggunakan skiprobe) dan dilanjutkan dengan gerakan dasar untuk kepala, bahu, tangan, pinggang sampai kaki.

  1. Kardio atau Body Workout

Pada tahap ini tiap camp (sebutan untuk tempat latihan Muay Thai) atau studio mempunyai ciri khas masing-masing namun pada intinya adalah sama. Gerakan yang biasa dilakukan biasanya adalah Jumping Jack, High Knee, Burpees, Plank, Mountaint Climber dll. Tapi tidak jarang beberapa geakan dibuat variatif dengan sirkuit training atau bantuan alat-alat pendukung seperti agilty ladder, cone, dumbel dan sebagainya.

  1. Latihan Teknik

Pada tahap ini, bagi yang baru pertamakali latihan biasanya akan ada instruktur atau pelatih yang membantu kalian untuk belajar gerakan-gerakan dasar Muaythai seperti Jab, Straight, elbow, Knee dan sebagainya. Tapi bagi yang sudah pernah biasanya akan melewati tahap ini dengan diberikan shadow boxing, latihan dengan menggunakan samsak (heavybag) atau beberapa teknik lanjutan tergantung dari instruktur yang memimpin.

  1. Padwork (Padholding) atau Padding

Ini adalah tahap klimax atau yang paling ditunggu oleh para member muaythai. tahap ini adalah aplikasi teknik secara personal dengan pelatih selama 3-5 menit dan tentunya sangat menguras otak dan tenaga. loh kenapa otak juga terkuras? karena disini kita dituntut untuk fokus untuk mengikuti intruksi pelatih dengan cepat. Bagi yang sudah sering atau terbiasa makan tidak akan terlalu berat karena bisa memadukannya dengan gestur pelatih atau isnting kita. Inilah hal yang menarik saat latihan Muay Thai yang bikin kamu ketagihan.

  1. Coolingdown atau Pendinginan

Ini adalah tahap terakhir dari latihan. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibiltas tubuh dengan mengembalikan kondisi seperti semula melalui gerakan ringan.
strong text
FAKTA

  1. Dalam keseluruhan (kurang lebih 60-90 menit) Olahraga ini mampu membakar 500-1200 kalori apabila dilakukan secara maksimal. Hal inilah yang membuat Muaythai digemari khususnya bagi mereka yang ingin melakukan program hidup sehat maupun penurunan berat badan.

  2. Banyak kaum hawa yang akhirnya menggeluti latihan ini karena terbilang anti mainstream atau lebih terlihat cool meskipun awalnya hanya sekedar coba-coba atau mengikuti tren.

  3. Tidak ada perbedaan dan tingkat. Ya itu benar, di Indonesia khususnya hampir seluruh tempat Muaythai lebih bertujuan untuk kebugaran ketimbang "fight"nya. Hal ini yang membuat Muaythai dapat dilakukan oleh semua generasi (tua dan muda). Lalu bagaimana jika ingin menjadi atlet atau petarung? Nah biasanya para fighter itu adalah member-member yang terlihat berbakat dan nantinya akan ditawari untuk mengikuti pelatihan khusus dengan kebijakan dari tempat latihan yang berbeda-beda. Untuk tingkatan sebenarnya ada tapi tidak bisa sembarangan karena yang memberikan haruslah master dari Thailandnya langsung. Tapi kalau untuk sertifikasi sudah banyak yang mengadakan even-even tertentu baik seminar maupun pertandingan Muaythai terbuka.

  4. Populer di kalangan Artis? ya itu benar sekali, banyak artis-artis yang saat ini masih rutin dan secara tidak langsung mempopulerkan olahraga ini seperti: Andien, Nicky Tirta, Vanesa Angel, Agnez Monica, Ayu Ting-ting dan masih banyak lainnya. Salah satu aktor dunia yang terkenal dengan teknik Muay Thai adalah Toni Ja

Ok teman, demikian dulu artikel ini saya buat. Mohon maaf apabila ada kesalah dalam penulisan dan sebagainya. Terimakasih