Mudah Memahami Penjelasan Dengan Metode ANALOGI


#1

Seringkali kita kesulitan memahami suatu penjelasan /pelajaran yang di sampaikan kepada kita karena kurang mengerti penjelasan si informan, hal ini dapat di maklumi karena memang daya tangkap tiap orang berbeda-beda. Sayang sekali jika hal-hal seperti ini terjadi pada kita karena mungkin saja informasi yang disampaikan berguna dan sangat kita butuhkan.
Nah, kali ini saya akan bercerita singkat tentang salah satu metode pengajaran /penjelasan dari sekian banyak metode-metode yang ada, yaitu metode ANALOGI
a) Analogi dalam ilmu bahasa adalah persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain. Dalam pengertian umum analogi adalah proses penalaran berdasarkan pengamatan terhadap gejala khusus dengan membandingkan atau mengumpamakan suatu objek yang sudah teridentifikasi secara jelas terhadap objek yang dianalogikan. Sampai dengan kesimpulan yang berlaku umum, sebagai suatu proses penalaran, analogi menurunkan suatu kesimpulan berdasarkan kesamaan aktual antara dua hal.
Sebagai contoh, kita dapat menganalogikan WAKTU TIDAK AKAN KEMBALI dengan melihat sekitar kita, pohon yang tumbuh dan berkembang dari bibit,tunas kemudian tumbuh besar tua lalu mati. Tidak ada pohon yang sudah tua kembali menjadi tunas. Dan masih banyak lagi contoh-contoh yang dapat kita analogikan dari lingkungan sekitar kita.
Jadi jika kurang mengerti penjelasan/pengajaran dari orang lain, minta lah si informan menjelaskan dengan metode lain, ANALOGI misalnya.
Sekian cerita singkat saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


#2

Makasih infonya, bermaanfaat sekali