NJOP? WAJIB TAHU BAGI KAMU YANG INGIN MENJUAL RUMAH!


Apa itu NJOP?

NJOP adalah singkatan dari NILAI JUAL OBJEK PAJAK, NJOP merupakan taksiran harga bangunan dan rumah yang dihitung melalui zona dan luas bangunan serta rumah. Dengan memahami NJOP, kita bisa mengatahui seberapa besar pajak dan dana yang akan ditanggung dari transaksi jual beli property. sebelum kita melakukan transaksi jual beli property sangat penting bagi kita untuk memahami segala hal tentang jual beli property sepereti contohnya masalah dokumen. Karena, tanpa adanya dokumen legal kita bisa akan mengalami kerugian serta akan terkena masalah di kemudian hari, dokumen-dokumen penting seperti akta jual beli dan sertifikat hak milik sudah cukup umum untuk kita ketahui dan pahami.

APA KEGUNAAN NJOP?

NJOP ini digunakan oleh penjual rumah atau pembeli rumah untuk menentukan harga sebuah rumah, contohnya, jika kita membeli rumah maka cek lah terlebih dahulu NJOP tersebut apabila harga rumah jauh diatas NJOP maka artinya pemilik rumah menjualnya terlalu mahal begitupun sebaliknya jika harga dibawah NJOP maka pemiliknya menjual rumah tersebut dengan harga murah, tetapi jangan langsung tergiur dengan harga murah tersebut, bisa jadi pemiliknya menjual dengan harga murah karena ada sesuatu yang tidak beres maka dijual murah, oleh karena itu kita wajib mengetahui hal tersebut.

BAGAIMANA CARA MENENTUKAN NJOP?

Setiap daerah pastinya memiliki nilai NJOP yang berbeda-beda, semakin mahal harga bangunan dan rumah yang dijual maka semakin tinggi NJOP-nya. NJOP ini ditentukan berdasarkan tigal hal dibawah ini:

Perbandingan dengan objek pajak lain yang sejenis.

Penentuan NJOP bisa dipatkan dari perbandingan dengan objek pajak lainnya yang sejenis atau berdekatan secara letak dan sudah diketahui leh nilai jualnya.

NJOP pengganti.

Penentuan NJOP ini berdasarkan oleh hasil pemasukan atau pendapatan dari objek yang dinilainya.

Nilai perolehan baru.

Metode penentuan NJOP yang satu ini adalah dengan cara menghitung terlebih dahulu total biaya yang dikeluarkan untuk mendaptkan objek pajak teresebut. Tetapi, sebelum penentuan NJOP kita juga perlu melihat kondisi fisik dari rumah atau bangunan yang akan dijadikan objek pajak tersebut.

thaks for sharing gan. belum pernah ngeh apa itu NJOP sampe taun lalu ngejual rumah hehe

1 Like