Panduan Jual Beli Tanah yang aman

Transaksi jual beli tanah tidak bisa disamakan dengan membeli makanan di pinggir jalan setelah membayar dan memndapatkan makanan urusan selesai, transaksi jual beli tanah harus memiliki bukti adanya pembelian untuk menandakan bahwa tanah tersebut sudah beralih. Jual beli tanah murah di jember atau bangunan harus memiliki akta jual beli tanah dan bangunan.
Jika sudah terjadi kesepakatan anatar penjual dan pembeli jual beli tanah membutuhkan data data yang akurat selama proses berlangsung:

  1. Data penjual yang harus di siapkan anatar lain:
    a. Kartu kelurga ( Kk ).
    b. Fotokopi KTP ( suami-istri apabila sudah menikah ).
    c. Bukti pembayaran pajak bumi dan bvanguna ( PBB ) 5 Tahun terakhir.
    d. Sertifikat asli hak atas tanah yang akan di jual meliputi:

  2. Sertifikat hak milik.

  3. Sertifikat hak guna bangunan.

  4. Sertifikat hak milik atas satuan rumah susun.
    e. Surat bukti persetujuan suami/istri (apabila sudah berkeluarga).
    f. NPWP

  5. Data Pembeli:
    a. Kartu keluarga ( Kk ).
    b. Surat nikah ( Apabila sudah berkeluarga ).
    c. Fotokopi ktp ( Suami/istri apabila sudah berkeluarga ).
    d. NPWP.
    Diatas adalah data yang wajib harus dipenuhi oleh penjaul dan pembeli dalam hal jual beli tanah, tidak hanya data penjual dan pembeli saja yang harus di perhatikan beberapa hal di bawah ini juga harus diperhatikan agar terhindar dari penipuan.

  6. Cek status tanah
    Jangan terburu-buru untuk langsung melakukan transaksi jual beli tanah dengan pemiliknya, usahakan untuk melakukan pengecekan secara langsung sesuai atau tidak dengan data yang ditunjukkan atau sesuai dengan yang kita inginkan. Pengecekan tersebut sangat penting untuk kita yang ingin membeli tanah agar terhindar dari penipuan.

  7. Cek legalitas tanah
    Periksa surat-surat tanah, cek secara teliti bahwa sertifikat yang di berikan merupakan surat yang asli. Hal tersebut sebagai jaminan bahwa tanah yang kita inginkan memiliki legalitas yang lengkap.

  8. Jasa Notaris PPAT.
    Dengan menggunakan jasa notaris PPAT secara hukum jasa jual beli tanah kita akan aman secara umum, dan kita tidak akan mudah ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab.