Pengen punya tempat usaha murah, dan menguntungkan, cek dulu 7 hal berikut ini

Sewa tempat usaha menjadi solusi buat kamu yang belum mempunyai tempat untuk menjalankan proses bisnisnya.

Meskipun mempunyai potensi menguntungkan, menyewa tempat usaha tidak sembarangan loo, ada beberapa factor yang perlu anda perhatikan, biar usaha mu tidak berakhir buntung, ya makumlah membuat usaha-kan ga’ pake daun, pakai uang dan lumayan besar pula.

Buat kamu yang saat ini sedang mecari tempat usaha, perlu mempertimbangkan tujuh aspek dibwah ini, sebelum kamu menandatangani kontrak.

Status Legal tempat usaha

Urusan legalitas menjadi satu hal yang sangat penting, tanyakan dahulu kepada pihak yang menyewakan mengenai status legal (setifikat) perusahaan. Dlihat apakah status sertifikatnya Hak Milik (SHM) atau Hak Guna Bangunan (HGB).

Jika masih menggunakan sertifikat HGB, perlu dilihat kapan masa berlakunya berakhir. Dan pastikan juga apakah tempat usaha tersebut sudah memilik IMB atau izin mendirikan usaha, sebagai syarat tempat dijadikanya suatu usaha.

Ketika hal mendasar diatas belum terpenuhi, mending urungkan dulu niat atau cari tempat usaha yang lain, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Lokasi sangat menentukan kemajuan usaha.

tempat%20usaha

Lokasi juga menentukan banyaknya pelanggan, tidak pintar memilih lokasi bisa-bisa langsung tikarnya dilipat alias gulung tikar,

bahkan penentuan tempat usaha juga perlu memikirkan beberapa aspek, seperti jenis usaha yang ingn dijalankan, tujuan usahanya, dan juga target konsumenya.

Sebagai contoh Jika ingin membuka usaha kuliner, pilih tempat yang dekat dengan pemukiman warga atau di kampus-kmpus, jika mau membuat usaha bengkel, pilih lokasi tempat usaha yang dekat dengan jalan raya.

namun jika kamu membuka usaha praktik dokter hewan, pemilihan lokasi bisa di nomor tigakan, heheh.

Kebersihan serta keamanan yan terjamin

Keamanan pada saat menjalankan usaha menjadi salah satu yang paling penting untuk kamu perhatikan, cek & ricek dulu kepada penduduk sekitar, lihat frekuensi tingkat kejahatan yang pernah terjadi di tempat itu.

Factor keamanan lainya juga bisa datang dari kondisi alam, dilihat apakah posisi tempat usaha tersebut aman dari banjir, bahkan hal2 kecil seperti jalur kabel listrik yang berantakan,

sehingga beresiko memicu terjadinya konsleting sehingga terjadi kebarakaran, karena hal-hal tersebut akan menghambat laju perkembangan bisnismu hingga tidak bisa diabaikan.

Selain kemanan, kebersihan juga harus diperhatikan, kondisi tempat usaha yang terlihat kumuh bahkan kotor, tidak akan membuat pelangganmu betah berlama-lama dilokasi.

Potensi pasar di sekitar tempat usaha.

investasi%20sdf

Meskipun berada di lokasi yang tidak strategis, belum tentu usahamu sepi pengunjung, begitun sebaliknya. Oleh karena itu riset pasar harus kamu lakukan untuk melihat seberapa besar potensi pasar yang ada didaerah tersebut.

Dan juga kamu harus lihat seberapa banyak kompotitor yang serupa dengan usahamu, pelajari lebih jauh keunggulan apa yang bisa kamu berikan dibandingkan dengan yang lainya.

“tips: pengusaha harus mempunyai data kompotitor, apa saja yang mereka punya, apa yang tidak mereka punya, dan harus lebih dari apa yang mereka punya”

Fasilitas dan kondisi tempat usaha

Ketika kamu menyewa tempat usaha yang sudah disewa sebelumnya, perhatikan duhulu apakah perlu ada renovasi atau tidak, ini tidak boleh luput dari penilaianmu, karena pasti ada biaya renovasi yang tidak sedikit.

Saat hendak menyewa pahami apa saja fasilitas yang menjadi hak-hakmu, pada umumnya fasilitas yang didapat mencakup daya listrik, air, dan lain sebagainya.

pertimbangkan juga fasilatas yang harus ada sesuai dengan jenis usaha yang kamu jalankan.

Misalnya kamu membuka usaha shoes care kamu tidak terlalu mebutuhkan fasilitas jaringan internet. Lain hal kalau kamu membuka usaha Coffe shop pastinya ini sangat bermanfaat sebagai nilai tambah.

Akad sewa.

Penyedi tempat usaha umumnya telah menentukan minimum biaya yang harus dibayarkan, biasanya uang muka dibayarkan satu sampai tiga tahun pembayaran. Andai kamu belum merasa yakin,

coba untuk bernegoisasi untuk pembayaran tiga sampai enam bulan pertama dulu.

Nilai Sewa

Beberapa factor yang menentukan harga sewa, salah satunya adalah lokasi. Umnya Lokasi yang strategis dan bagus, dibandrol harga yang cukup tinggi.

namun jika dirasa berpotensi mendatangkan keuntungan yang tinggi jangan takut untuk menyewanya. Tinggal prioritas apa yang sesuai dengan usaha mu.

Meski begitu kamu tetap harus melaukan riset pasar, agar kamu paham dengan harga-harga dipasaran sehingga tidak over price alias kemahalan.

Untuk itu saya menyarankan agar anda lebh banyak lagi menggali informasi sebelum memutuskan untuk menyewa tempat usaha, tips2 diatas terlihat mungkin sangat meroptkan, akan tetapi kesuksesan dan kemajuan usaha yang ingin kamu jalankan hal tersebut tidaklah menjadi masalah.

Salam sukses

Solusi Bisnis Anda silahkan klik link ini

[1.Sewa Tempat usaha murah jember

  1. Sewa virtual Office Jember

  2. Coworking Space Jember