Pentingnya Mengetahui Ayam Petelur

artikel%204
Ayam petelur adalah ayam-ayam betina yang dipelihara untuk diambil telurnya. Asal mula ayam petelur berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara setelah tahun demi tahun memproses, terseleksi ternyata ayam hutan yang memilki kriteria dari pada itik. Kriteria tersebut yaitu ayam yang menghasilkan telur yang cukup banyak dan produksi daging yang memenuhi syarat. Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi dagingnya dikenal dengan ayam broiler dan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur. Khusus ayam petelur masih ada proses lagi yaitu pada warna kulit telur yang dikenal ayam petelur putih dan ayam petelur cokelat, persilangan ini dilakukan cukup lama sehingga mengahasilkan ayam petelur yang sekarang ini. Dalam setiap persilangan sifat buruk dibuang dan sifat baik dipertahankan sehingga inilah yang kemudian dikenal dengan ayam petelur unggul. Terdapat 2 jenis tipe ayam petelur yaitu:

  1. Tipe Ayam Petelur Ringan
    Tipe ini diberikan nama demikian karena tipe ayam petelur ini memiliki berat yang ringan dibandingkan ayam lain dengan jenis yang sama. Sebutan ini disesuaikan dengan warna telur yang dihasilkan karena ayam tipe petelur ringan menghasilkan telur yang berwarna putih. Tubuh ayam petelur putih relatif ramping atau kurus mungil dengan mata bersinar, serta memiliki jengger merah dan bulunya berwarna putih bersih. Meski dagingnysa sedikit, ayam petelur memiliki kemampuan bertelur sebanyak lebih dari 260 telur per tahun. Jika seseorang memilih berternak ayam tipe ini maka perlu dilakukan perhatian khusus dalam perawatannya atau pemeliharaannya karena ayam tipe ini memiliki sensitifitas yang tinggi sehingga mudah kaget dan jika kaget produktivitas akan menurun sehingga perlu dijaga supaya produktif.

Klik juga: bisnis ternak ayam jember,ternak ayam untung jember

  1. Tipe Ayam Petelur Medium
    Tipe ayam medium berasal dari bobot ayam yang meskipun lebih berat dari ayam petelur ringan tetapi tidak lebih berat dari ayam pedaging sehingga disebut ayam medium. Tipe ayam medium memiliki kemampuan bertelur yang berkualitas dengan jumlah yang banyak, tipe ayam medium bisa disebut juga ayam petelur cokelat. Kebanyakan ayam petelur cokelat juga berwarna cokelat dan telur yang dihasilkan juga berwarna cokelat. Kualitas telur cokelat ini tidak jauh berbeda dengan telur putih yang dihasilkan ayam petelur ringan tetapi keunggulannya ayam petelur cokelat yaitu memiliki daging yang rasanya lebih enak dan tebal cukup dikonsumsi diabdningkan ayam petelur putih.
    Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi ayam petelur:
    • Memperbaiki Sel-Sel Tubuh Yang Rusak
    • Mudah Dicerna
    • Kandungan Protein Setara Dengan Daging Merah
    • Rendah Kolesterol
    • Mengandung Zat Besi
    • Rendah Lemak
    Dengan demikian untuk memulai berbisnis ternak ayam petelur harus mengetahui karakteristik setiap tipe ayam petelur, begitu juga tujuan dan manfaat serta apa yang harus perlu diantisipasi dalam berternak ayam ini. Agar supaya memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi peternak ayam petelur.
    Thanks your read my artikel, semoga bermanfaat lur…