Penyebab Komputer/Laptop Anda Menjadi Lemot(Lambat)


#1

Kalian mungkin sering kesal karena komputer atau laptop kalian berjalan sangat lambat, misalnya karena komputer yang kalian gunakan memiliki spesifikasi yang rendah. atau mungkin Komputer/Laptop anda memiliki spesifikasi yang cukup tapi masih terasa lambat.

Jika kalian merasa komputer anda lambat namun memiliki spesifikasi komputer yang memadai. bisa jadi Komputer yang anda gunakan memerlukan Driver untuk menghubungkan Hardware dengan software, Cara untuk menginstallnya Driver dapat dibaca disini : Cara Download dan Install Driver Windows Secara Manual

Namun ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab komputer kalian lemot diantara adalah sebagai berikut.

Hal Hal Yang Menyebabkan Komputer/Laptop Kalian Lemot

Hal yang paling utama yang menyebabkan Komputer/Laptop kalian menjadi lambat adalah kurangnya spesifikasi hardware untuk menjalankan aplikasi yang berat. Dan berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Kurangnya RAM

RAM(Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Dengan RAM/Memory Komputer yang kurang maka komputer memerlukan waktu lebih lama untuk memproses suatu data, cara untuk mengatasinya adalah mengupgrade RAM kalian. biasanya harga RAM berkisar antara 300 ribu sampai 2 Juta tergantung dengan tipe Memory (DDR1,DDR2,DDR3,DDR4) dan besar kapasitas Memory.

Namun kapasitas memory tidak terlalu berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya sebuah komputer, yang harus anda ketahui adalah kecepatan RAM Latency yang dimana memory akan memproses data dengan cepat. Semakin tinggi Kisaran Latency yang diberikan maka akan sebaik kecepatan pemprosesan data yang akan diberikan.

2. Lambatnya Kecepatan Hard Drive/Hard disk

Hard Drive/Hard Disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hard Drive berguna untuk menyimpan data-data yang berada di komputer kita. Selain itu kecepatan pemproses data yang baik pada Hard Drive maka akan menambah kecepatan perfoma komputer.

Ada dua tipe Sistem Penyimpanan Data menggunakan Hard Drive yang pertama Hard Disk tipe ATA, Untuk tipe ini Hard Disk memproses data lebih lambat dari tipe SATA. Dan Hard Disk tipe ATA sudah sangat jarang ditemukan, Untuk Laptop/Komputer Modern sekarang sudah menggunakan tipe SATA.

Tidak ada cara untuk mempercepat kecepatan Hard Disk, yang harus dilakukan hanyalah meng-upgrade (mengganti) Hardware Penyimpanan kita ke yang lebih baik contonhya menggunakan perangkat SSD (Solid State Drive)

3. CPU/Processor yang Lambat

Salah satu hal terpenting yang dapat membuat komputer anda lambat adalah kurangnya kecepatan clock suatu CPU/Processor. Biasanya semakin tinggi kecepatan clock memory pada suatu CPU maka semakin cepat juga pad kinerja Hard ware lainnya yang berpengaruh seperti RAM, VGA/Graphic, dan Juga Hard Drive.

Nah Jika kalian yang merasa RAM atau Video Graphic kalian tinggi dan merasa masih sangat lambat, maka yang dapat menjadi penyebabnya adalah CPU lambat.

Ada dua jenis Processor yang banyak digunakan saat ini yaitu Intel dan AMD. keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, misalnya Intel tidak cepat panas tapi lambat, namun AMD cepat panas tapi cepat.

4. Terlalu Banyak Menjalankan Software/Aplikasi dan Extension Pada Browser

Menggunakan/Menginstall banyak software di komputer kita juga dapat menjadi salah satu penyebabnya, Misalnya kita mempunyai banyak software yang berjalan secara bersamaan maka hal tersebut akan menghabiskan Resource yang ada di komputer kita, sehingga komputer berjalan sangat lambat.

Ada beberapa software yang ternyata akan dijalankan ketika komputer kita dinyalan.
Cara mengatasi hal tersebut adalah buka Task Manager lalu klik Start-up dan centang kosong jenis software yang tidak perlu.