Pertumbuhan Hotel Di Kota Tembakau Terus Meningkat

Kini persaingan hotel semakin ketat. Khususnya di kota Tembakau. Kota tembakau merupakan julukan dari pada Kota Jember, Jawa Timur. Pertumbuhan hotel di kota Jember yang terus bermunculan atau meningkat seiring dengan banyaknya investor yang mendirikan hotel baru dalam berbagai kelas. Mulai dari hotel kelas melati sampai hotel bintang lima, baik berkonsep syariah ataupun konvensional. Tidak hanya di kota besar saja, kini hotel – hotel mulai merambah ke daerah-daerah atau secondary city.

Kota Jember memang dilirik oleh para investor atau pebisnis hotel baik lokal maupun nasional. Kota Jember dinilai memiliki pasar yang cukup potensial sehingga para pengusaha tertarik untuk menanamkan investasinya dengan membuka penginapan hotel Jember yang baru.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember tercatat pada tahun 2012 hanya ada sekitar 35 hotel dan hunian di seluruh Jember, namun saat ini sudah sebanyak 52 penginapan hotel Jember yang tersebar di beberapa kecamatan.Tumbuhnya hotel baru itu bukan hanya terpusat di kota saja, namun juga di sejumlah kecamatan, sehingga hal itu menunjukkan jika sektor pariwisata di Jember masih sangat potensial dan menarik minat wisatawan.

Pihak pemerintah mengatakan akan mengembangkan atraksi atau pertunjukan untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Jember, kemudian meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pariwisata dan daya jangkau yang terus membaik, sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke Jember semakin meningkat. Contohnya seperti pagelaran seni JFC (Jember Fashion Carnaval).

Dengan adanya pagelaran seni JFC (Jember Fashion Carnaval)yang diadakan setiap satu tahun sekali, tentunya akan menarik para wisatawan baik lokal maupun nasional untuk turut menyaksikan pagelaran seni yang terkenal dan mendapatkan peringkat dimata dunia tersebut. Dengan demikian penginapan hotel Jember akan mengalami peningkatan okupansi kamar hotel baik dari hotel berkelas melati maupun hotel berbintang. Nah dengan semakin berkembangnya pembangunan hotel di Jember maka sangat berpotensi membantu meningkatkan pendapatan daerah kota Jember.

Di samping itu, PHRI tahun ini juga telah menyiapkan beberapa strategi demi menaikkan tingkat okupansi hotel. Antara lain gencar melakukan berbagai promosi yang bisa menarik minat konsumen. Serta menyediakan transaksi pemesanan kamar hotel via aplikasi. Tujuannya yaitu memberikan kelonggaran bagi konsumen untuk memesan kamar jauh-jauh hari.